Waburi Park, Keindahan Desa Wisata di Buton Selatan

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Sabtu, 03 Juni 2023
0 dilihat
Waburi Park, Keindahan Desa Wisata di Buton Selatan
Keindahan lautan dan tebing yang memanjakan mata di desa wisata Gaya Baru Waburi Park, Buton Selatan. Foto: Repro Facebook

" Desa Gaya Baru, Kecamatan Lapandewa, Kabupaten Buton Selatan, pada 4 Desember 2022 meraih piagam penghargaan sebagai penyelenggara pengembangan desa wisata terbaik "

BUTON SELATAN, TELISIK.ID - Bukan cuma pantai Desa Bahari, ternyata Buton Selatan masih menyimpan destinasi wisata yang tak kalah mempesona yakni Waburi Park. Mungkin Anda baru mendengarnya, namun bagi masyarakat Buton Selatan, Waburi Park sudah menjadi ikonik dan populer.

Terletak di Desa Gaya Baru, Kecamatan Lapandewa, Waburi Park atau Taman Waburi merupakan kawasan wisata yang menyajikan keindahan alam berupa laut pantai dan tebing. 

Jaraknya sekitar 60 kilometer dari pusat Kota Baubau. Bagi Anda yang ingin berkunjung ke Waburi Park, dapat menempuh jarak selama 1,5 jam hingga 2 jam perjalanan menggunakan sepeda motor atau mobil dari Kota Baubau.  

Waburi Park memiliki luas sekitar 100×700 meter. Objek wisata ini sudah menjadi aset Pemerintah Desa Gaya Baru. Waburi Park buka mulai 8.30 Wita hingga pukul 10.00 malam. Biasanya ramai pada akhir pekan Sabtu dan Minggu.

Waburi Park memiliki fasilitas seperti gazebo, lampu taman, papan nama, lapak jualan, titian, home stay, toilet dan pos jaga yang akan terus dikembangkan untuk menunjang fasilitas di dalamnya.

Baca Juga: Kotamara, Tempat Wisata Favorit Masyarakat Baubau

"Pemandangannya beda dengan tempat wisata lain. Di sini juga bagus kita nikmati senja," ucap salah seorang wisatawan, Malik, Selasa (4/7/2023).

Perjalanan wisata Waburi Park bisa dilalui dengan jalur darat menggunakan kendaraan roda dua dan empat. Waktu yang dibutuhkan wisatawan untuk melakukan perjalanan wisata ke Waburi Park yaitu dari ibu kota Kabupaten Buton Selatan ke Waburi Park bisa ditempuh 88 menit yang berjarak 52,5 kilometer.

Keindahan Waburi Park di Desa Wisata Gaya Baru, Buton Selatan, Sulawesi Tenggara. Foto: Repro Facebook

 

Sedangkan dari Kota Baubau, bisa ditempuh 95 menit yang berjarak 61,9 km dengan menggunakan mobil angkutan umum di Terminal Pasar Wameo dengan biaya transportasi sebesar Rp 40.000/orang.

"Biaya masuk ke Waburi Park cuma Rp 5.000 per orang, murah dan terjangkau," kata Aini, wisatawan yang juga warga Kota Kendari.

Kreativitas baru dalam membangun ikon pariwisata Waburi Park sangat eksotik dan indah. Bahkan dalam beberapa pekan lalu Pj Bupati Buton Selatan La Ode Budiman, mengaku sangat bangga dan salut dengan ide dan gagasan kepala desa yang notabene seorang wanita.

Bahkan Budiman menobatkan Kepala Desa Gaya Baru sebagai Srikandi Buton Selatan, yang telah berbuat maksimal dengan gaya barunya sesuai nama desanya.

Baca Juga: Pantai Pasir Putih Konawe Selatan Hidangkan Nuansa Asri dan Mangrove, Pilihan Rekreasi Baru

Selain memiliki Waburi Park, ternyata Desa Gaya Baru masih menyimpan destinasi wisata di antaranya situs Cerug yang di dalamnya terdapat tumpukan tengkorak manusia, gambar daun dan stempel telapak tangan yang sampai saat ini masih terjaga keasliannya.

Di samping kekayaan alam, Desa Gaya Baru juga memiliki kekayaan budaya yang masih lestari. Kekayaan budaya dikenal akan hukum adat, aneka ritual, berbagai kesenian tradisional, permainan tradisional dan juga tradisi gotong royong masyarakatnya yang masih dipupuk hingga kini.

Karena potensi yang begitu besar, Desa Gaya Baru pada 4 Desember 2022 meraih piagam penghargaan sebagai penyelenggara pengembangan desa wisata terbaik yang diselenggarakan melalui Lomba Desa Tematik “Tata Kelola Pemerintahan” Provinsi Sulawesi Tenggara. (B-Adv)

Penulis: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga