Wacana Pembentukan Kabupaten Konawe Timur, 12 Kecamatan Siap Dimekarkan

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Jumat, 29 Juli 2022
0 dilihat
Wacana Pembentukan Kabupaten Konawe Timur, 12 Kecamatan Siap Dimekarkan
Ridwansyah Taridala, Ketua Pemekaran Kabupaten Konawe Timur dan peta wilayah Kabupaten Konawe Selatan yang akan dimekarkan dengan Kabupaten Konawe Timur, di mana Kecamatan Konda sebagai calon ibu kota. Foto: Repro google maps/Ist.

" Pembentukan Kabupaten Konawe Timur sudah dipersiapkan sejak 2014 lalu, namun terbentur dengan aturan pemerintah pusat yang masih moratorium "

KENDARI, TELISIK. ID - Pemekaran Konawe Timur sebagai kabupaten baru, lepas dari Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) di Provinsi Sulawesi Tenggara, ternyata sudah dipersiapkan oleh Pemerintah Daerah Konawe Selatan.

Ketua Pemekaran Kabupaten Konawe Timur, Ridwansyah Taridala saat ditemui mengatakan, pembentukan Kabupaten Konawe Timur sudah dipersiapkan sejak 2014 lalu, namun terbentur dengan aturan pemerintah pusat yang masih moratorium.

"Segala dokumen serta persyaratan yang dibutuhkan telah disiapkan dan tinggal menunggu pencabutan moratorium Daerah Otonomi Baru (DOB) oleh pemerintah pusat saja," katanya, Jumat (29/7/2022).

Ia mengatakan, mulai pemetaan wilayah hingga administrasi yang diperlukan, semua sudah rampung. Rencananya terdapat 12 kecamatan siap dimekarkan. Konda direncanakan sebagai Ibu Kota Kabupaten Konawe Timur jika resmi menjadi Daerah Otonomi Baru (DOB) di Sulawesi Tenggara.

Alasannya, karena dianggap strategis berada pada titik tengah antara Mowila dan Laonti sebagai daerah terjauh. Sementara itu, pusat perkantoran sebagian juga nantinya akan dibangun di bagian Kecamatan Moramo Utara yang saat ini masih wilayah Kabupaten Konawe Selatan (Konsel).

Baca Juga: Mati Mesin, Kapal Tanker Pengangkut Premium Karam di Perairan Wakatobi

Hal senada juga diungkapkan oleh Anggota Komisi I DPRD Sulawesi Tenggara, H. Bustam. Dia mengaku jika pembentukan Kabupaten Konawe Timur memang sudah siap dari segi berkas dan administrasi.

"Kita tinggal menunggu arahan dari pemerintah pusat (presiden) karena sampai hari ini masih moratorium dan belum dibuka," tuturnya.

Berikut 12  kecamatan yang akan mekar menjadi Kabupaten Konawe Timur.

1. Mowila

2. Sabulakoa

3. Landono

4. Ranomeeto

5. Ranomeeto Barat

6. Konda

7. Wolasi

Baca Juga: Wujudkan Visi Maju Adil dan Sejahtera, Pemkab Buton Utara Gelar Rembuk Stunting

8. Moramo

9. Moramo Utara

10. Kolono

11. Kolono Timur

12. Laonti. (B)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali 

Artikel Terkait
Baca Juga