Waduh! COVID-19 Serang DPR, 11 Anggota Dewan Terpapar

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Kamis, 17 Juni 2021
0 dilihat
Waduh! COVID-19 Serang DPR, 11 Anggota Dewan Terpapar
Ruang rapat paripurna DPR RI. Foto: Repro Tirto.id

" Sekjen DPR Indra Iskandar, menyebut hingga kini ada 11 anggota DPR yang terdata terpapar COVID-19 "

JAKARTA, TELISIK.ID - Sekretariat Jenderal DPR RI menyampaikan sejumlah rapat komisi DPR terpaksa ditiadakan, lantaran beberapa anggota DPR hingga ASN DPR terpapar COVID-19.

Sekjen DPR Indra Iskandar, menyebut hingga kini ada 11 anggota DPR yang terdata terpapar COVID-19.

"Jadi saya nggak menggunakan istilah isu lockdown. Yang dilakukan beberapa komisi adalah penundaan rapat-rapat dikarenakan memang di samping ada anggotanya, ada juga ASN, ada juga cleaning service, ada juga pamdal yang reaktif-positif COVID. Jadi beberapa komisi melakukan beberapa penundaan. Dari keputusan pimpinan DPR tidak gunakan istilah lockdown, tapi penundaan-penundaan rapat," kata Indra, dilansir detik.com, Kamis (17/6/2021).

Indra menyebut, sejauh ini tercatat ada 11 anggota DPR yang terpapar COVID-19. Tak hanya itu, sejumlah tenaga ahli, pamdal, hingga ASN DPR juga positif COVID-19.

Baca Juga: Simak, Ini Ketentuan CPNS 2021

"Dari yang tercatat sampai hari ini untuk anggota DPR ada 11 orang," ucap Indra.

"Untuk mulai tenaga ahli itu yang tercatat, ini belum semua dilaporkan ke kami, karena masih di-trace Satgas COVID kita, tapi hari ini tenaga ahli ada 11 orang, untuk dari PPN terdiri dari pamdal dan kru TV Parlemen ada 7 orang, kemudian dari PNS ada 17 orang," lanjutnya.

Indra menyampaikan pihak DPR RI baru akan merapatkan terkait kondisi ini. Dia menyebut, nantinya akan ada keputusan terkait kondisi DPR ke depannya menghadapi lonjakan kasus ini.

"Untuk rapat-rapat ke depan, hari ini masih ada rapat di pansus, tapi rapat-rapat ke depan hari ini akan diputuskan pimpinan DPR di Bamus akan ada pengetatan, salah satu wacana misal apakah nanti rapat ke depan akan dihadiri pimpinan alat kelengkapan Dewan. Selebihnya akan virtual itu nanti akan disampaikan, dan diminta sepakati fraksi-fraksi," ujarnya.

Sebelumnya, dilansir Suara.com jaringan Telisik.id, Ketua Komisi VIII DPR Yandri Susanto memutuskan membuat seluruh agenda rapat menjadi virtual tanpa kehadiran fisik. Ia berujar Komisi VIII lockdown setelah pimpinan, anggota, staf, dan tanaga ahli dinyatakan positif COVID-19.

Baca Juga: Ketua DKPP Serahkan Penghargaan ke 11 Media Nasional, Salah Satunya Telisik.id

Yandri menyebutkan, mereka yang positif di antanya dari unsur pimpinan satu orang, staf pimpinan satu orang, anggota Komisi VII sejauh ini dua orang, tenaga ahli empat orang. Jumlah diperkirakan masih bisa bertambah.

Kekinian seluruh pihak terkait Komisi VIII juga diminta melakukan te swab.

"Komisi VIII mulai hari ini sampai waktu yang belum ditentukan lockdown dengan tidak melaksanakan rapat secara fisik di ruangan. Karena banyak anggota Komisi VIII, ada beberapa anggota Komisi VIII tenaga ahli, staf sekretariat itu terpapar COVID-19, positif," ujar Yandri. (C)

Reporter: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Fitrah Nugraha

Baca Juga