Wah, Konawe Utara Bakal Jadi Smart City di 2024

Apriadi Mayoro, telisik indonesia
Minggu, 17 Desember 2023
0 dilihat
Wah, Konawe Utara Bakal Jadi Smart City di 2024
XL Axiata melalui XL Business Solution melakukan sosialisasi Smart City bersama Pemda Konawe Utara. Foto: Apriadi Mayoro/Telisik

" XL Axiata dan Pemerintah Kabupaten Konawe Utara sedang melakukan kolaborasi untuk menjadikan Konawe Utara sebagai bagian dari Smart City "

KONAWE UTARA, TELISIK.ID - XL Axiata dan Pemerintah Kabupaten Konawe Utara sedang melakukan kolaborasi untuk menjadikan Konawe Utara sebagai bagian dari Smart City.

XL Axiata melakukan sosialisasi XL Business Solution di Kantor Bupati Konawe Utara yang dihadiri Pemerintah Daerah di antaranya dari Dinas Kominfo, Perhubungan, Kesehatan, Pariwisata dan lain-lain, Kamis (14/12/2023).

Sosialisasi ini berkaitan dengan akan diadakannya kolaborasi antara pihak XL Axiata dengan pemerintah daerah, untuk membangun konsep Smart City di Konawe Utara.

“Di antara teknologi yang kita tawarkan, adalah penerangan jalanan umum, otomasi, jadi dia bisa secara otomatis nyala, padam atau ngedim. Misalnya kayak di Pantai Taipa, misalnya pengunjung sudah mulai berkurang, lampu akan otomatis redup sampai mati total,” ujar Wahid Ramlan, Regional Account Manager PT. XL Axiata Sulawesi Tenggara.

Ia menambahkan, teknologi lain seperti mendeteksi kendaraan yang keluar masuk dan bisa memprediksi berat kendaraan tersebut yang berhubungan dengan kelayakan. Serta tingkat kerusakan jalan yang spesifik, seperti jalanan yang berlubang.

Baca Juga: Puluhan Mahasiswa Asal Konawe Utara Dapat Bantuan Pendidikan

Meliputi juga bidang kesehatan, terutama program pemerintah dalam mengatasi stunting, yang berhubungan dengan support kuota untuk Tim Pendamping Keluarga (TPK).

Lanjutnya, mereka juga memiliki Sentimen Data Analisis, yang bisa memberikan data analisis kepada Pemda Konawe Utara terkait sentimen isu-isu yang beredar di masyarakat baik isu positif maupun negatif.

“Mobil bisa kita deteksi, bahkan juga traffic pergerakan orang, misalnya di hari ini, yang masuk Konawe Utara ada berapa orang, yang keluar berapa,” ungkap Wahid Ramlan.

Kepala Dinas Pariwisata Konawe Utara, Riyas Aritman, menyatakan ketertarikannya setelah mengikuti sosialisasi dari XL Business Solution yang menawarkan konsep Smart City.

Menurutnya, konsep Smart City menarik karena dapat mendeteksi jumlah kunjungan wisatawan yang masuk di Konawe Utara melalui penggunaan teknologi, bukan lagi secara manual.

“Untuk sektor pariwisata, saya masuknya ke sana, kalau mungkin kita bisa kerja sama, bisa kerja sama kesitu, terkait pengelolaan data jumlah kunjungan wisatawan,” kata Riyas Aritman.

Ia menambahkan, sebelumnya, ia sudah memikirkan konsep seperti itu. Bahkan sudah ada konsep untuk bekerja sama dalam merancang sebuah aplikasi bersama dengan provider yang ada di Konawe Utara.

Dengan adanya konsep Smart City yang ditawarkan XL, akan memudahkan Dinas Pariwisata dalam menyediakan data kunjungan wisatawan.

Baca Juga: Kepastian Hukum Kasus Blok Mandiodo Konawe Utara Dipertanyakan, Bagaimana Nasib Karyawan Kehilangan Pekerjaan

Smart City adalah Konsep program yang ditawarkan XL Axiata untuk mengembangkan layanan solusi digital dengan penggunaan teknologi-teknologi baru.

Smart City berbasis pada penggunaan Artificial Intelligence (AI), Internet of Things (IoT) dan Conectivity melalui jaringan pengguna XL Axiata.

Saat ini, Sosialisasi Smart City dari XL Axiata, sedang dilakukan di Kendari, Konawe Selatan dan Konawe Utara. (B)

Penulis: Apriadi Mayoro

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga