adplus-dvertising

Wajib Anda Ketahui, 3 Waktu Utama Membaca Ayat Kursi

Irawati, telisik indonesia
Senin, 22 November 2021
2941 dilihat
Wajib Anda Ketahui, 3 Waktu Utama Membaca Ayat Kursi
Membaca ayat kursi usai salat fardu, maka Allah SWT akan melindunginya hingga tiba salat berikutnya. Foto: Repro suara.com

" Ayat kursi merupakan ayat ke-255 dari surah Al-Baqarah yang menjadi surat kedua di dalam Al-Qur'an. Ayat ini dikenal memiliki banyak keistimewaan "

KENDARI, TELISIK.ID - Ayat kursi merupakan ayat ke-255 dari surah Al-Baqarah yang menjadi surat kedua di dalam Al-Qur'an. Ayat ini dikenal memiliki banyak keistimewaan.

Segala sesuatu itu mempunyai puncaknya dan puncak Al-Qur'an ialah surah Al-Baqarah, di dalamnya terdapat sebuah ayat pemimpin semua ayat Al-Qur'an yaitu ayat kursi  (HR. Tirmidzi).

Mengutip dari orami.co.id, di setiap kalimat pada bacaan ayat kursi juga mengandung banyak sekali arti dan makna tentang keutamaan serta manfaatnya.


Sebagai seorang Muslim sudah seharusnya kita berzikir dan berdoa hanya kepada Allah SWT, salah satu cara adalah membaca ayat kursi yang memiliki banyak manfaat apabila dirutinkan.

Keutamaan ayat kursi cukup banyak dan sungguh luar biasa. Mulai dari kedudukan ayat ini sebagai pemimpin ayat Al-Qur’an, untuk perlindungan, hingga rezeki dan balasan surga.

Baca Juga: Ini Tingkatan Keimanan Seorang Muslim, di Mana Posisi kita?

Melansir dari detik.com, pada dasarnya tidak ada larangan waktu bagi seseorang untuk membaca ayat kursi. Sebab semua waktu yang digunakan untuk membaca Al-Qur'an bernilai baik di mata Allah Ta'ala.

Namun, beberapa ulama menganjurkan beberapa waktu yang lebih utama untuk seseorang membaca ayat kursi. Melansir dari buku Rahasia Dahsyat Al-Fatihah, Ayat Kursi, dan Al-Waqiah untuk Kesuksesan Karir dan Bisnis karya Ustaz Ramadhan AM, waktu yang disunnahkan untuk membaca ayat kursi di antaranya:

1. Selesai Salat Fardu

Bila ayat kursi dibaca usai mengerjakan salat fardu lima waktu, maka Allah SWT akan melindunginya hingga tiba salat berikutnya. Selain itu, Allah juga akan mempersiapkan surga bagi para pengamalnya.

Hal ini sesuai dengan hadis Rasulullah SAW, ia bersabda:

"Barang siapa membacanya (ayat kursi) setiap kali selesai mengerjakan salat, maka tidak ada yang menghalanginya masuk surga selain kematian." (HR. An Nasa'i).

2. Sebelum Tidur

Waktu utama lain untuk membaca ayat kursi adalah sebelum tidur. Hal ini termaktub dalam sebuah hadis shahih, Abu Hurairah RA meriwayatkan bahwa ia diamanahi oleh Rasulullah untuk menjaga harta dari zakat Ramadan (zakat fitrah). Kemudian seseorang datang dan mengambil makanan tersebut.

Ia pun mengajarkan kalimat yang disebutkan, dapat memberikan manfaat dengan izin Allah. Ayat yang dimaksud adalah ayat kursi. Ia mengajarkan untuk membaca ayat kursi sebelum tidur.

Tatkala pagi harinya, Rasulullah bertanya: "Apakah yang dilakukan tawananmu tadi malam?"

Abu Hurairah menjawab, "Wahai Rasulullah, ia mengaku bahwa ia mengajarkan suatu kalimat yang Allah beri manfaat padaku, jika membacanya. Sehingga, aku pun melepaskan dirinya."

Rasul bertanya, "Apa kalimat tersebut?" Abu Hurairah menjawab:

"Ia mengatakan padaku, jika aku hendak pergi tidur di ranjang, hendaklah membaca ayat kursi hingga selesai yaitu bacaan ''Allahu laa ilaha illa  hayyul qoyyum.'' Lalu, ia mengatakan padaku bahwa Allah akan senantiasa menjagaku dan setan pun tidak akan mendekatimu hingga pagi hari. Dan para sahabat lebih semangat dalam melakukan kebaikan."

Baca Juga: Kita Pun Bisa Menjadi Pemegang Kunci Surga, Begini Caranya

Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam pun bersabda, "Adapun dia kala itu berkata benar, namun asalnya dia pendusta. Engkau tahu siapa yang bercakap denganmu sampai tiga malam itu, wahai Abu Hurairah?," "Tidak", jawab Abu Hurairah. Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam berkata, "Dia adalah setan." (HR. Bukhari no. 2311).

3. Menjelang Pagi dan Sore Hari

Dalam kitab Ad Durrul Mantsur disebutkan bahwa ayat kursi adalah sebesar-besarnya ayat dalam kitabullah. Kemudian, ayat kursi merupakan salah satu ayat dari surah Al-Baqarah yang bila dibaca pada waktu sore hari akan dipelihara dari gangguan setan hingga pagi harinya.

Demikian pula, bila dibaca pada waktu pagi akan dipelihara dari gangguan setan hingga sore harinya. Sebagaimana dalam hadis dari Ubay bin Ka'ab, Rasulullah bersabda:

"Siapa yang membacanya ketika pagi, maka ia akan dilindungi (oleh Allah dari berbagai gangguan) hingga petang. Siapa yang membacanya ketika petang, maka ia akan dilindungi hingga pagi." (HR. Al-Hakim). (C)

Reporter: Irawati

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga