Wajo Lockdown, Penyeberangan Dihentikan Mulai Kamis

Muh. Risal H, telisik indonesia
Senin, 23 Maret 2020
0 dilihat
Wajo Lockdown, Penyeberangan Dihentikan Mulai Kamis
Pelabuhan penyeberangan Tobaku, Kabupaten Kolaka Utara. Foto: Muh. Risal/Telisik

" Saya dapat informasi tadi malam melalui sambungan telepon dari Kadis Perhubungan Kabupaten Wajo "

KOLAKA UTARA, TELISIK.ID - Sehubungan dengan antisipasi penyebaran COVID-19, Pemerintah Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan (Sulsel) mulai Kamis (26/3/2020) akan melakukan lockdown di daerahnya.

Tentunya dengan adanya kebijakan tersebut, akses menuju daerah Wajo dihentikan. Efeknya, pelabuhan yang melayani penyeberangan penumpang melalui Pelabuhan Tobaku, Kolaka Utara, menuju Pelabuhan Bansalae, Wajo, Sulsel, akan ditutup.

Kepala Dinas Perhubungan Kolut, Ir. Junus, M.Si, mengungkapkan,  dirinya telah mendapat informasi kebijakan lockdown dari Pemda Wajo sejak tadi malam.

"Saya dapat informasi tadi malam melalui sambungan telepon dari Kadis Perhubungan Kabupaten Wajo," Kata Junus, Senin, (23/3/2020).

Setelah mendapat informasi tersebut, lanjutnya, Pemda Kolut meminta agar diberi waktu sampai hari Rabu (25/3/2020) untuk mensosialisasikan keputusan tersebut kepada masyarakat Kolut.

"Atas arahan Sekda Kolut, saya meminta Kadis Perhubungan Wajo untuk menunda dulu sampai hari Rabu sehingga kami bisa mensosialisasikan kebijakan tersebut kepada masyarakat," jelasnya.

Untuk jalur penyeberangan, lanjutnya, tidak ada alternatif lain dari Pemda Kolut  kecuali masyarakat menyeberang melalui pelabuhan Kolaka atau menggunakan akses darat melingkar melalui Kabupaten Luwu Timur.

"Kita tidak bisa paksakan karena kita masuk ke wilayah mereka, jadi pilihan masyarakat cuma dua menggunakan Pelabuhan Kolaka atau akses darat melingkar melalui Luwu Timur," terangnya.

Pemda Kolut, kata Junus, akan terus berkoordinasi dengan Pemda Wajo untuk mencari langkah-langkah terbaik dan semua ini dilakukan untuk kepentingan masyarakat Kolut.

Reporter: Muh. Risal

Editor: Rani

Artikel Terkait
Baca Juga