Wakapolri Pastikan Sarana Prasarana ASEAN Summit di Labuan Bajo Aman

Berto Davids, telisik indonesia
Jumat, 28 April 2023
0 dilihat
Wakapolri Pastikan Sarana Prasarana ASEAN Summit di Labuan Bajo Aman
Wakapolri didampingi Kapolda NTT dan Kapolres Manggarai Barat tinjau kesiapan sarana prasarana ASEAN Summit. Foto: Ist.

" Komjen Pol Prof. Dr. Drs. Gatot Eddy Pramono, M.Si., memastikan keamanan sejumlah titik sarana prasarana venue ASEAN Summit di Labuan Bajo "

MANGGARAI BARAT, TELISIK.ID - Wakil Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Wakapolri), Komjen Pol Prof. Dr. Drs. Gatot Eddy Pramono, M.Si., memastikan keamanan sejumlah titik sarana prasarana venue ASEAN Summit di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

Lokasi sarana prasara itu, yakni VIP Bandara Internasional Komodo Labuan Bajo, jalur utama dalam Kota Labuan Bajo, Hotel Meruorah Labuan Bajo, Hotel Sudamala Labuan Bajo, Hotel Ayana Komodo dan 91 Command Center serta prasarana kapal-kapal wisata yang akan digunakan oleh para kepala negara ASEAN dan para delegasi.

"Saya sudah pastikan kesiapan sarana prasarana yang akan dikunjungi oleh para kepala negara aman. Hasilnya bahwa kesiapan venue sudah mendekati 100 persen. Mudah-mudahan semua berjalan dengan baik, aman dan lancar," kata Wakapolri.

"Kepastian amannya venue ASEAN Summit merupakan bukti dan semangat Kepolisian Negara Republik Indonesia dalam mendukung dan menyambut kegiatan KTT ASEAN Summit ke-42 ini," katanya lagi.

Ia mengaku pihaknya juga mengarah ke Hotel Sudamala Labuan Bajo dan Hotel Ayana Komodo untuk meninjau dan berkoordinasi dengan pihak hotel masalah sarana dan prasarana yang dibutuhkan para delegasi yang akan menginap di sana.

Baca Juga: Persiapan ASEAN Summit di Labuan Bajo On The Right Track, Begini Laporan Menlu

Sebelumnya rombongan juga menyempatkan melakukan pengecekan lokasi dan sarana prasarana di 91 Command Center yang berada di kawasan Patung Caci Labuan Bajo.

Terakhir, rombongan melaksanakan peninjauan ke kawasan Marina Labuan Bajo. Di sana Wakapolri memastikan kepada pihak angkutan laut atau pengelola kapal wisata untuk segera memperbaiki serta menyiapkan sarana prasarana maupun alat keselamatan.

Baca Juga: Kapolda Minta Masyarakat Jaga Nama Baik Presiden Selama ASEAN Summit di Labuan Bajo

"Untuk kapal wisata wajib dilengkapi peralatan keselamatan yang lengkap, yakni perlengkapan keselamatan seperti life jacket, life raft, perlengkapan pencegahan kebakaran, perlengkapan navigasi, radio komunikasi dan pencegahan pencemaran, serta tetap memperhatikan aspek kenyamanan wisatawan maupun para delegasi, sehingga dapat terus menjaga citra positif Labuan Bajo sebagai kawasan pariwisata super premium," ungkapnya.

Sementara itu Kapolres Manggarai Barat, AKBP Ari Satmoko menegaskan bahwa pihaknya akan melaksanakan perintah Wakapolri dengan menjaga dan terus memastikan kemanan sarana prasarana ASEAN Summit.

"Kami terus memastikan dan melapor terkait kesiapan sarana prasarana sampai ASEAN Summit digelar," kata Kapolres. (B)

Penulis: Berto Davids

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga