Wakatobi Galakkan Gemar Makan Ikan ke Warga

Wiwik Prihastiwi, telisik indonesia
Minggu, 04 Juni 2023
0 dilihat
Wakatobi Galakkan Gemar Makan Ikan ke Warga
Ketua TP PKK Wakatobi, Eliati Haliana bersama panitia dan peserta dalam kegiatan gemarikan. Foto: Wiwik Prihastiwi/Telisik

" Dinas Perikanan Kabupaten Wakatobi menggelar gerakan memasyarakatkan makan ikan (gemarikan) yang berkolaborasi dengan TP PKK Kabupaten Wakatobi "

WAKATOBI, TELISIK.ID - Dalam mengkampanyekan gemar makan ikan, Dinas Perikanan Kabupaten Wakatobi menggelar gerakan memasyarakatkan makan ikan (gemarikan) yang berkolaborasi dengan TP PKK Kabupaten Wakatobi.

Hal itu merupakan program nasional, bertujuan untuk meningkatkan tingkat konsumsi ikan pada masyarakat dan menurunkan angka stunting.

Pada kegiatan gemarikan, Dinas Perikanan Kabupaten Wakatobi mengusung tema ingin kuat, sehat dan cerdas ayo makan ikan. Kegiatan tersebut dilaksanakan di gedung aula Villa Nadila, Minggu (4/6/2023). Dibuka secara resmi oleh Ketua TP PKK Wakatobi sekaligus Ketua Forum Peningkatan Konsumsi Ikan Kabupaten Wakatobi, Eliati Haliana.

Gemarikan dihadiri ratusan peserta yang terdiri dari balita, anak-anak, dan ibu-ibu PKK Kabupaten Wakatobi. Kegiatan itu untuk mensosialisasikan manfaat ikan untuk tubuh, sehingga bisa meningkatkan tingkat konsumsi ikan.

Diketahui ikan sebagai bahan pangan yang mengandung sumber protein tinggi, sangat bagus untuk kesehatan dan penanganan stunting pada anak yang merupakan program prioritas nasional.

Baca Juga: Penurunan Angka Stunting Masih Fokus Utama Pemda Buton Tengah

Eliati Haliana, sebagai narasumber pada kegiatan tersebut menjelaskan, kandungan gizi dan manfaat pada ikan yang baik untuk kesehatan tubuh manusia.

Ia juga menghimbau kepada ibu-ibu terutama yang memiliki anak, sehingga memperhatikan kandungan gizi yang akan dikonsumsi oleh anak-anaknya. Karena Ibu rumah tangga sebagai peran utama dalam menurunkan angka stunting.

"Semoga ibu-ibu bisa merasakan dan memahami manfaat ikan. Karena ini penting untuk tumbuh kembang anaknya," ujar Eliati.

Baca Juga: Angka Stunting Turun, Pemkab Muna Tingkatkan Kualitas Keluarga

Kegiatan itu, diharapkan agar masyarakat Kabupaten Wakatobi memahami dan mengenal manfaat besar dari ikan. Sehingga, dapat diterapkan pada menu makan bersama keluarga. Akhirnya meningkatkan tingkat konsumsi pada masyarakat.

Salah satu peserta pada kegiatan gemarikan, Ibu Lia mengungkapkan, setelah mengikuti kegiatan itu, dapat memahami manfaat mengonsumsi ikan terlebih untuk pertumbuhan anak.

"Saya semakin tau manfaat ikan apalagi buat anak-anak. Kedepannya saya akan selalu menyiapkan menu ikan untuk dikonsumsi anak-anak saya," ungkap Lia. (B)

Penulis: Wiwik Prihastiwi

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga