Wakil Ketua DPRD Dukung Bupati Muna Rapikan Struktur ASN

Sunaryo, telisik indonesia
Minggu, 28 Februari 2021
0 dilihat
Wakil Ketua DPRD Dukung Bupati Muna Rapikan Struktur ASN
Wakil Ketua DPRD Muna, Muhamad Natsir Ido. Foto: Sunaryo/Telisik

" Kalau rekonsiliasi dalan arti sempit, saya no comment. Itu hak prerogatif bupati. "

MUNA, TELISIK.ID - Rencana Bupati Muna LM Rusman Emba merapikan struktur Aparatur Sipil Negara (ASN) mendapat dukungan dari Wakil Ketua DPRD, Muhamad Natsir Ido.

Menurut Natsir, sah-sah saja bila bupati ingin melakukan perombakan di jajaran birokrasi dalam rangka penyegaran. Itu merupakan hak prerogatif kepala daerah. Apalagi, bupati sudah menjabat lima tahun, tentunya ingin menjalankan pemerintahan dengan pejabat-pejabat yang berkualitas dan memiliki etos kerja.

"Jadi saya pikir tepat Pak Bupati ingin merapikan ASN. Saya lihatnya bukan karena dampak Pilkada, tetapi inginkan adanya penyegaran di pemerintahan baru," kata Natsir, Minggu (28/2/2021).

Persoalan rekonsiliasi, Ia sangat mengakui sikap bupati yang tidak inginkan lagi adanya sekat-sekat di tengah masyarakat akibat Pilkada. Ia sependapat dengan bupati yang merangkul semua pihak untuk membangun daerah.

Baca juga: Gubernur Dijemput Tengah Malam, Kamar Pribadi Nurdin Abdullah Disegel KPK

"Kalau rekonsiliasi dalan arti sempit, saya no comment. Itu hak prerogatif bupati," timpal Ketua DPD II Golkar Muna itu.

Sementara itu, Bupati Muna, LM Rusman Emba menegaskan, dalam melakukan mutasi pejabat akan merujuk pada peraturan perundang-undangan yang berlaku. Dimana, mutasi baru dapat dilakukan enam bulan setelah pelantikan dirinya di periode kedua. Namun, untuk guru dan tenaga kesehatan (Nakes) bisa dilakukan.  

"Pertama kita lakukan penyegaran guru dan Nakes," katanya.

Lain dengan rekonsiliasi yang dianggap tidak perlu dilakukan karena hanya untuk kepentingan para elit, sedang di masyarakat tidak ada gejolak.

"Rekonsiliasi perlu dipilah. Karena sampai saat ini tidak ada desakan dari masyarakat," pungkasnya. (B)

Reporter: Sunaryo

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga