Walau Sering Terjadi Konflik, Ternyata Israel Punya Kota Termahal di Dunia

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Jumat, 03 Desember 2021
0 dilihat
Walau Sering Terjadi Konflik, Ternyata Israel Punya Kota Termahal di Dunia
Kota Tel Aviv di Israel. Foto: Repro Getty

" Economist Intelligence Unit (EIU) kini merilis daftar kota termahal dunia baru untuk ditempati. Namun tak disangka-sangka, kota tersebut berada di sebuah negeri di mana konflik tak kunjung berakhir, Israel "

TEL AVIV, TELISIK.ID - Economist Intelligence Unit (EIU) kini merilis daftar kota termahal dunia baru untuk ditempati.

Namun tak disangka-sangka, kota tersebut berada di sebuah negeri di mana konflik tak kunjung berakhir, Israel.

Kota itu adalah Tel Aviv. Ini merupakan pertama kalinya Tel Aviv menduduki posisi pertama setelah sebelumnya di posisi ke-5 tahun lalu.

EIU mengatakan bahwa Tel Aviv naik peringkat terutama karena mata uang Israel, shekel, telah melonjak. Shekel perks terhadap dolar AS, dan menuet 4% tahun ini.

Belum lagi keberhasilan peluncuran vaksin COVID-19 Israel, yang merupakan tercepat di dunia. Menurut angka dari Our World in Data, 62% populasi Israel telah divaksinasi penuh.

Disebutkan bahwa sekitar sepersepuluh harga telah mengalami kenaikan di kota itu. Ini merujuk 200 produk dan layanan di 173 kota.

EIU mengatakan bahwa tingkat inflasi dari harga yang dilacaknya telah meningkat sebesar 3,5% tahun-ke-tahun dalam mata uang lokal hingga September 2021 atau naik dari hanya 1,9% pada tahun 2020. Dikatakan, ini mewakili laju inflasi tercepat dalam indeksnya selama lima tahun terakhir.

"Masalah rantai pasokan, fluktuasi nilai tukar mata uang dan perubahan permintaan konsumen menyebabkan kenaikan harga komoditas dan barang lainnya," tulis laporan EIU, dilansir dari Cnbcindonesia.

Baca Juga: Ternyata Ini Kota Paling Aman di Dunia, Jakarta Urutan 46

"Transportasi mengalami kenaikan biaya terbesar, dengan harga bensin per liter naik rata-rata 21% pada tahun 2021."

Kepala biaya hidup di seluruh dunia di EIU, Upasana Dutt, mengatakan bahwa harga diperkirakan akan naik lebih jauh di banyak kota selama tahun mendatang. Ini karena gaji meningkat.

"Namun kami juga mengharapkan bank sentral menaikkan suku bunga, hati-hati, untuk membendung inflasi," katanya, seraya menambahkan bahwa kenaikan harga ini harus, oleh karena itu, mulai moderat dari level saat ini.

Baca Juga: Arab Saudi Izinkan Warga Indonesia Masuk Tanpa Transit

Berikut ini 10 kota termahal di dunia untuk ditinggali pada 2021, dilansir dari Serambiindonesia.

1. Tel Aviv

2. Prancis

2. Singapura

4. Zurich

5. Hong Kong

6. New York

7. Jenewa

8. Kopenhagen

9. Los Angeles

10. Osaka. (C)

Reporter: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga