Wali Kota Baubau Serahkan 607 Unit Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya

Iradat Kurniawan, telisik indonesia
Selasa, 27 Oktober 2020
0 dilihat
Wali Kota Baubau Serahkan 607 Unit Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya
Wali Kota Baubau, AS Thamrin saat menyerahkan bantuan stimulan. Foto: Ist.

" Pelaksanaan rapat kerja tersebut sangat diapresiasi oleh Pemkot Baubau dan ini sangat strategis karena akan membahas berbagai hal termasuk isu strategis terkait perumahan dan kawasan permukiman yang mencakup penyusunan basis data perumahan Provinsi Tahun 2020. "

BAUBAU, TELISIK.ID - Wali Kota Baubau, AS Tamrin, menyerahkan bantuan stimulan perumahan swadaya sebanyak 607 unit usai  membuka rapat kerja penyelenggaraan perumahan dan kawasan permukiman Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), pada Rabu (27/10/2020).

Hal itu dilakukan Pemkot Baubau dalam rangka berperan aktif mengatasi permasalahan penyelenggaraan urusan bidang perumahan dan kawasan kumuh di antaranya pengurangan rumah tidak layak huni.

AS Tamrin mengapresiasi pelaksanaan rapat kerja penyelenggaraan perumahan dan kawasan permukiman Sultra yang memilih Kota Baubau sebagai tuan rumah.

"Pelaksanaan rapat kerja tersebut sangat diapresiasi oleh Pemkot Baubau dan ini sangat strategis karena akan membahas berbagai hal termasuk isu strategis terkait perumahan dan kawasan permukiman yang mencakup penyusunan basis data perumahan Provinsi Tahun 2020," jelas AS Thamrin.

Hal itu kata AS Thamrin, termasuk pengusulan program anggaran, peningkatan kapasitas sumber daya manusia serta mekanisme pengusulan bantuan rumah susun, rumah khusus, rumah swadaya.

Baca juga: DLH Konawe Sulap Sampah Jadi Nilai Ekonomis

"Rencana umum kerja tahun depan dan pencapaian pelaksanaan tahun anggaran 2020,” katanya.

Selain itu, ia telah melakukan koordinasi pembangunan rumah khusus dan rumah susun untuk mengurangi angka baclok, fasilitas pembangunan rumah komersil bagi pengembang serta program kotaku dan penataan lingkungan permukiman untuk mengurangi luasan permukiman kumuh sebesar 19,87 hektare.

Ia juga menitip pesan agar terus meningkatkan kapasitas, pemahaman dan tanggungjawab sehingga dengan adanya Pokja PKP baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota dapat terjalin silaturahmi, meningkatkan fungsi koordinasi, sinkronisasi dan kolaborasi dari berbagai sektor pada pengembangan kebijakan strategi, program dan kegiatan terkait PKP.

"Sehingga penyelenggaraan PKP menjadi lebih efektif dan efisien serta diharapkan impian masyarakat akan rumah layak huni beserta prasarana, sarana dan utilitas yang memadai," jelasnya. (B)

Reporter: Iradat Kurniawan

Editor: Kardin

TAG:
Baca Juga