Wana Wisata Kakek Bodo, Tujuan Utama Wisatawan Lokal Jawa Timur

Try Wahyudi Ary Setyawan, telisik indonesia
Sabtu, 24 Desember 2022
0 dilihat
Wana Wisata Kakek Bodo, Tujuan Utama Wisatawan Lokal Jawa Timur
Salah satu pengunjung di wana wisata Kakek Bodo sedang berpose di depan pintu masuk wana wisata tersebut. Foto: Ist.

" Wana wisata Kakek Bodo yang berada di Pandaan Kabupaten Pasuruan, merupakan salah satu objek wisata yang selalu menjadi tujuan dari wisatawan lokal di Jawa Timur "

SURABAYA, TELISIK.ID - Wana wisata Kakek Bodo yang berada di Pandaan Kabupaten Pasuruan, merupakan salah satu objek wisata yang selalu menjadi tujuan dari wisatawan lokal di Jawa Timur.

Air terjun Kakek Bodo berada pada ketinggian 850 mdpl, di kawasan wisata Tretes. Dapat ditempuh dari Surabaya dengan jarak sekitar 51 km ke arah Malang. Atau dari Malang dengan jarak tempuh 70 km.

Dari Surabaya kita naik bus jurusan Malang atau sebaliknya, turun di Pandaan dan ganti kendaraan ke jurusan Tretes. Kendaraan yang menuju kawasan wisata Tretes ini berupa Izusu L300 yang berhenti di pertigaan Pasar Buah Tretes.

Di hari libur seperti hari Sabtu dan Minggu selalu banyak pengunjung objek wisata yang mengandalkan keindahan alam dan air terjun sebagai daya tarik tersendiri di wisata tersebut.

"Anak saya selalu mengajak ke Kakek Bodo. Selain biaya masuk murah, keindahan alam dan air terjun sangat cocok untuk melepas lelah dan bermain air," jelas Rini Irawan, Sabtu (24/12/2022).

Baca Juga: 5 Tempat Terbaik di Kendari yang Cocok Buat Nikmati Malam Tahun Baru 2023

Wanita asal Surabaya ini mengatakan, hampir setiap minggu dirinya bersama keluarga selalu mengunjungi wana wisata tersebut.

Selain menjadi kegemaran wisata keluarga, bagi pasangan muda mudi, wana wisata Kakek Bodo merupakan salah satu tempat kunjungan untuk berpacaran.

Baca Juga: Daya Tarik Pantai Laguci Kabupaten Buton Selatan Mampu Gaet Warga Amerika

"Suasana air terjun dan kondisi alam yang indah, sangat menunjang suasana romantis di Kakek Bodo," kata Oni, salah satu pemuda asal Krian yang datang ke Kakek Bodo bersama kekasihnya.

Yang menarik, di wana wisata tersebut terdapat makam keramat tokoh setempat yang bernama Kakek Bodo.

"Kakek Bodo adalah tokoh sakti yang sering membantu warga. Beliau dimakamkan di tempatnya bertapa sampai sekarang ini," jelas Mohammad Supeno, salah satu warga sekitar wana wisata. (A)

Penulis: Try Wahyudi Ari Setyawan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga