Wanita ini Jadikan Hobi Sebagai Bisnis Hand Embroidery

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Selasa, 26 April 2022
0 dilihat
Wanita ini Jadikan Hobi Sebagai Bisnis Hand Embroidery
Beberapa Hand Embroidery buatan Sakinah. Foto: Ist.

" Kegiatan tersebut dia lakukan berulang-ulang di waktu senggangnya, karena kegiatan hand embroidery adalah sekedar hobi saat jenuh dengan aktivitas pekerjaan "

KENDARI, TELISIK.ID - Berawal dari sering melihat proses pembuatan Hand Embroidery melalui media sosial pada tahun 2019, wanita ini tertarik untuk mencoba membuat sendiri.

Berbekal tontonan melalui beragam platform media sosial, Sakinah pun merogoh kocek sebesar Rp 500 ribu untuk membeli peralatan dan beragam jenis benang. Dia memulai mencobanya. Meski beberapa kali gagal, tapi tak menyurutkan niatnya untuk terus mencoba hingga berhasil.

"Awalnya cuma sekedar lihat-lihat saja di YouTube dan Instagram produk-produk seperti itu, tetapi lama-lama tertarik untuk mencoba buat sendiri," katanya, Selasa (26/4/2022).

Kegiatan tersebut dia lakukan berulang-ulang di waktu senggangnya, karena kegiatan hand embroidery adalah sekedar hobi saat jenuh dengan aktivitas pekerjaan.

"Awalnya cuma hobi, karena sehari-hari saya juga ada pekerjaan lain," ungkapnya.

Dia menambahkan, usaha seperti ini cukup membutuhkan kesabaran mengingat tak sedikit waktu dan ketelitian yang diperlukan dalam mengerjakannya.

Baca Juga: Kuota Haji Sultra 922 Orang, Jemaah Lansia Belum Bisa Berangkat

Selain itu, dari hobi yang dijalankan ini, tak sedikit suka dan duka yang dia alami seperti saat membuat desain totebag, jahitannya kurang pas, jahitan tidak simetris dan kurang rapi. Bahkan terkadang, dia harus membuat ulang desain dari pesanan pelanggannya karena hal tersebut, namun dia banyak belajar dari hal-hal yang kurang mengenakkan .

"Saat awal-awal bahkan pernah beberapa kali tangan tertusuk jarum, luka karena gunting, tapi itulah bagian dari proses belajar," ungkapnya.

Walaupun usaha handmade embroidery-nya ini masih skala kecil, tetapi dia sudah memiliki nama brand dari produk-produknya.

"Nama brand usaha saya di Fb dan Instagram @sakinahstitch dan itu juga saya sematkan sebagai label di produk yang saya buat Sakinah Stitch," katanya.

Selain membuat hand embroidery, dia juga membuat Hoop Art (semacam hiasan sulam tangan dalam bentuk pemidangan bambu), bross/pin, pouch, dan totebag.

Baca Juga: Pemprov Teken MoU RS Jantung Harapan Kita dan RS Pusat Otak Nasional

Seorang customer, Prima Ramadani mengatakan, dia suka dengan bros hijab buatan Sakinah.

"Suka sama brossnya, kreatifitas tanpa batas," katanya

Customer lainnya, Dewi Astryanti juga suka dengan buatan  Sakinah.

"Totebag-nya cantik dan hasilnya memuaskan," tutupnya. (A)

Reporter: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga