Wanita Paling Cantik Ini Ternyata Penemu Wi-Fi, Berawal dari Eksperimen Bodoh

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Selasa, 02 Mei 2023
0 dilihat
Wanita Paling Cantik Ini Ternyata Penemu Wi-Fi, Berawal dari Eksperimen Bodoh
Hedy LaMarr, seorang perempuan yang sempat dijuluki perempuan paling cantik di dunia. Foto: Repro Rejection

" Kisah LaMarr sebagai penemu Wi-Fi diawali dengan dirinya yang hijrah dari Wina ke Amerika "

WINA, TELISIK.ID - Siapa penemu Wifi? Dia adalah Hedy LaMarr, seorang perempuan yang sempat dijuluki perempuan paling cantik di dunia.

Hedy LaMarr, bintang film sekaligus seorang penemu. Melansir Kompas.com, Hedy LaMarr lahir di Wina, Austria, pada 1914 dengan nama asli Hedwig Kiesler.

LaMarr menikah dengan suami pertamanya pada tahun 1934 ketika berusia 19 tahun. Tidak bahagia menikah dengan seorang produsen amunisi yang kaya dan dominan, LaMarr meninggalkan rumah mereka dengan mengendarai sepeda saat tengah malam.

Kisah LaMarr sebagai penemu Wi-Fi diawali dengan dirinya yang hijrah dari Wina ke Amerika. Pada umur 19 tahun ia dipersunting oleh Firtz Madel, seorang penjual amunisi asal Austria. Namun, pada 1937, LaMarr berpisah dengan Madel.

Baca Juga: Mengulik Fakta Chip Neuralink: Penemuan Elon Musk Terobosan atau Gimmick

LaMarr bertemu dengan Kepala Studio MGM Louis B Mayer di kapal London yang akan menuju ke New York. Pertemuan tersebut membuat wanita ini mendapatkan kontrak untuk berakting film Hollywood.

Dalam karir filmnya, ia memiliki akses bersosialisasi dengan tokoh-tokoh penting seperti John F. Kennedy dan Howard Hughes. Meski meraih ketenaran sebagai bintang film Hollywood, pencapaian itu tak membuat LaMarr puas.

Baca Juga: Daftar Penemuan Mesir Kuno Sepanjang 2022, Ada Mumi Berlidah Emas

Melansir Kumparan.com, ia tetap berusaha menjalankan beberapa eksperimen di sela-sela waktu bermain filmnya. Pada 1940, LaMarr bertemu dengan George Antheil, seorang komponis yang juga ilmuwan.

Pertemuan keduanya diawali eksperimen bodoh yang tidak menghasilkan apapun. Namun setelah mencoba, akhirnya George dan LaMarr menghasilkan sebuah karya besar, yaitu sebuah alat yang bisa membantu untuk melakukan sinkronisasi. Di samping itu, alat tersebut berperan untuk menyebarkan semua sinyal komunikasi yang tersedia pada gelombang radio.

Pada awalnya, sistem ini dirancang untuk mengarahkan torpedo secara akurat melalui sinyal radio tanpa membuat sinyal tersebut tersendat. Ternyata, hal tersebut dijadikan sebuah contoh awal terciptanya teknologi wireless yang ada sampai sekarang. (C)

Penulis: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Haerani Hambali 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga