Wanita Perlu Perhatikan 5 Pantangan Usai Berhubungan Seks

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Selasa, 03 Oktober 2023
0 dilihat
Wanita Perlu Perhatikan 5 Pantangan Usai Berhubungan Seks
Ada risiko penyakit kelamin atau infeksi menular seksual (IMS), setelah berhubungan seks. Foto: Repro Viva.co.id

" Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan usai berhubungan seks, untuk menghindari risiko penyakit kelamin atau infeksi menular seksual (IMS) "

KENDARI, TELISIK.I D - Berhubungan seks tak hanya tentang melampiaskan nafsu hingga ejakulasi. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan usai berhubungan seks.

Psikolog Klinis Dewasa, Inez Kristanti menjelaskan, ada risiko penyakit kelamin atau infeksi menular seksual (IMS), karena lupa kencing dan buang air kecil setelah berhubungan seks.

Berikut ini larangan setelah berhubungan seks yang sebaiknya tidak dilakukan, mengutip konten edukasi Inez di Instagram pribadinya, dikutip Suara.com-jaringan Telisik.id dan Herstory.id.

1. Lupa Buang Air Kecil

Inez menjelaskan, saat berhubungan intim, khususnya tanpa menggunakan alat kontrasepsi kondom, maka suami istri saling bertukar bakteri. Sehingga dengan langsung buang air kecil bisa menurunkan penyakit infeksi saluran kemih.

Baca Juga: Seks Bisa Bikin Panjang Umur, Ini 7 Alasannya

"Jadi dengan pipis itu kita bisa bantu buang bakteri yang ada di dekat urethra supaya nggak masuk ke saluran kemih (vagina) kita," jelas Inez.

2. Terlalu Mencuci Bersih Lubang Miss V

Tindakan ini disebut Inez sebagai dussing atau mencuci area dalam lubang pakai air secara berlebihan. Meskipun banyak orang menganggap tindakan ini cenderung resik atau bersih tapi ini bisa menganggu keseimbangan pH Miss V loh.

"Jangan ya, karena melakukan ini bisa membuang bakteri baik yang dibutuhkan oleh organ intim kita. Malah jadi gampang infeksi dan keputihan nantinya," jelasnya.

3. Pakai Celana yang Ketat Buat Tidur

Ines menyebutkan, celana ketat bisa membuat area organ intim semakin lembap. Ini karena setelah melakukan hubungan seks, tubuh cenderung berkeringat, termasuk juga di area Miss V.

"Celana ketat yang membuat lembap, ini bisa membuat bakteri sama jamur lebih gampang berkembang. Disarankan pakai celana berbahan katun," kata Inez.

4. Jangan Langsung Sikat Gigit

Khususnya bisa melakukan tindakan pembersihan dengan sangat keras, dan menyebabkan luka di area mulut dan gusi. Luka terbuka hingga mengeluarkan darah inilah yang jadi media sarang penularan virus atau bakteri penyebab IMS atau penyakit kelamin.

Baca Juga: Terlalu Sering Berhubungan Seks, Ini Dampaknya pada Tubuh

"Terutama jika abis kontak dengan area intim dia, seperti yang kita tahu infeksi menular seksual bisa menular lewat mulut juga ya. Apalagi kalau pasangan belum cek kesehatannya. Jadi lebih baik, pakai mouth wash atau kumur-kumur aja, kalau mau merasa segar sebelum dan sesudah berhubungan seks," imbuhnya.

Atau Inez memberikan pilihan jika ingin sikat gigi berikan jeda, dan tidak langsung setelah berhubungan seks.

5. Tidur atau Main Ponsel

"Ini sih nyebelin aja ya, bisa membuat pasangan ngerasa kayak 'dipakai' doang, jadi cuddling atau peluk sebentar boleh lah ya. sambil pillow talk (ngobrol di tempat tidur) gitu, nggak usah lama-lama yang penting ada," pungkas Inez. (C)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga