Warga Bajo Bahari Buton Keciprat 36 Unit Perahu Fiber

Febriyani, telisik indonesia
Minggu, 27 Agustus 2023
0 dilihat
Warga Bajo Bahari Buton Keciprat 36 Unit Perahu Fiber
Masyarakat Desa Bajo Bahari, Kecamatan Wabula Kabupaten Buton yang menerima bantuan perahu fiber dari anggaran Dana Desa tahun 2023. Foto: Ist.

" Pemerintah Desa (Pemdes) Bajo Bahari, Kecamatan Wabula, Kabupaten Buton membagikan perahu fiber pada nelayan "

BUTON, TELISIK.ID - Pemerintah Desa (Pemdes) Bajo Bahari, Kecamatan Wabula, Kabupaten Buton membagikan perahu fiber pada nelayan.

Pembagian itu sebagai bentuk pemberdayaan kepada masyarakat melalui program ketahanan pangan di Desa Bajo Bahari.

Kepala Desa (Kades) Bajo Bahari, Si Nusir menyebut, jumlah bantuan perahu fiber yang diperuntukkan bagi warganya mencapai 36 unit. Bantuan yang diberikan diharapkan dapat meningkatkan kemampuan warga dalam pemberdayaan ekonomi dan kehidupan sosial mereka secara bertahap.

“Perahu fiber yang kita salurkan ini berjumlah 36 unit. Ini program ketahanan pangan tahun anggaran 2023 dari Dana Desa (DD). Semoga bantuan tersebut dapat bermanfaat bagi masyarakat penerima bantuan,” ungkapnya, Minggu (27/8/2023).

Baca Juga: KPU Buton Utara Umumkan DCS, Masyarakat Diminta Beri Masukan Caleg Bermasalah

Kades predikat ke-2 terbaik se-Kabupaten Buton itu menambahkan, selain bantuan fiber perahu, pihaknya juga memberikan bantuan material pembangunan jamban kepada 7 unit rumah keluarga.

Material pembangunan jamban keluarga tersebut di antaranya, kloset, pipa paralon, semen, pasir dan septic tank. Tentu saja, pemberian bantuan ini diharapkan dapat memberikan rangsangan kepada warga masyarakat Bajo Bahari yang terbiasa BAB tidak memakai jamban.

“Jadi bantuan jamban keluarga dan bantuan perahu ini adalah bagian komitmen kami dari Pemdes Bajo Bahari, untuk percepatan penurunan angka stunting yang ada di desa,” pungkasnya.

Baca Juga: Sempat Dikabarkan Hilang di Laut, 3 Pria Asal Buton Utara Berhasil Diselamatkan

Masyarakat sangat bersyukur dengan bantuan ini, mereka apresiasi atas program dari kepala desa yang dianggap sangat berpotensi meningkatkan perekonomian warga, terlebih masyarakat Bahari yang mayoritas nelayan.

Selain itu, bantuan material jamban ini, sangat bermanfaat untuk menciptakan lingkungan bajo yang lebih bersih, dan merangsang masyarakat untuk terbiasa menggunakan jamban.

Salah satu warga, Si Selo mengaku bersyukur dengan bantuan itu. Ia bisa melaut sendiri tanpa harus numpang bersama orang lain.

"Selama ini saya melaut ikut orang lain, kini dengan adanya bantuan ini saya bisa melaut sendiri," katanya. (B)

Penulis: Febriyani

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga