Warga Baubau Digegerkan Penemuan Goa Berornamen Singgasana Raja

Deni Djohan, telisik indonesia
Sabtu, 19 Desember 2020
0 dilihat
Warga Baubau Digegerkan Penemuan Goa Berornamen Singgasana Raja
Penemu goa, Thamrin saat berpose di mulut goa. Foto: Deni Djohan/Telisik

" Setelah semakin besar lobangnya, saya lihat ada goa di bawah. Saya kaget dan menghentikan sebentar pekerjaan itu. "

BAUBAU, TELISIK.ID - Warga RT 01/RW 04 Kelurahan Bukit Wolio Indah (BWI), Kecamatan Wolio, Baubau digegerkan dengan penemuan goa.

Uniknya, terdapat kursi semacam singgasana dalam ornamen goa tersebut.

Salah seorang warga, Thamrin (55) yang juga penemu goa tersebut mengungkapkan, penemuan itu berawal ketika dirinya tengah mengawasi pengerjaan penggalian tanah yang menggunakan alat berat jenis breaker, pada Minggu, (06/12/2020) lalu, sekira pukul 16:00 wita.

Saat alat berat menghantam salah satu titik, ia melihat sebuah lobang kecil yang tak seperti biasanya.

Ia kemudian meminta kepada operator untuk menghentikan sejenak pengerjaannya. Setelah didekati, ia melihat sesuatu pada lubang tersebut.

"Setelah semakin besar lobangnya, saya lihat ada goa di bawah. Saya kaget dan menghentikan sebentar pekerjaan itu," tutur Marlon sapaan akrab Thamrin saat ditemui di lokasi, Sabtu (19/12/2020).

Baca juga: Heboh Anggota TNI Dikerahkan Amankan Dinosaurus

Pria yang kesehariannya bekerja sebagai pengawas proyek dan pembangunan ini mengaku jika dirinya belum pernah menemukan hal sepeti ini. Ini merupakan kali pertama dirinya menemukan goa selama bekerja di lapangan.

Salah satu remaja yang sempat masuk menelusur ke dalam goa, Muh. Fais (13), mengungkapkan, lebar goa sekitar lebih dari 10 meter. Sedang panjangnya tak dapat terukur. Saat hendak menelusuri goa dirinya sempat kesulitan sebab minimnya oksigen.

Kata dia, terdapat banyak cabang dalam goa. Disebelah selatan sterapat 4 cabang. Sedang sebelah barat dua dan sebelah timur satu cabang.

Selain itu, yang menariknya, pada sebelah selatan terdapat Stalakmit yang menyerupai singgasana raja.

"Selain itu, ada juga lobang besar menurun seperti sumur," ungkapnya.

Gua yang berada di bawah tanah pemilik Ja'far tersebut kini hanya ditutup dengan alat seadanya. Masyarakat setempat hanya memasang satu mata lampu agar para pengunjung yang penasaran melihat keindahan goa bisa melihat secara langsung susunan Stalakmit dan Stalaktit. (B)

Reporter: Deni Djohan

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Baca Juga