Warga Binaan Lapas Baubau Dites Urine, Ini Hasilnya

Ahmad Jaelani, telisik indonesia
Kamis, 24 Agustus 2023
0 dilihat
Warga Binaan Lapas Baubau Dites Urine, Ini Hasilnya
Kepala Divisi Pemasyarakatan, Muslim, memimpin penggeledahan dan tes urine ini dengan kerjasama antara instansi terkait, seperti TNI, Polri, dan BNN. Foto: Ist.

" Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Sulawesi Tenggara, menggelar penggeledahan dan tes urine bersama dalam upaya menindaklanjuti Instruksi Presiden Nomor 2 Tahun 2020 tentang P4GN "

KENDARI, TELISIK.ID - Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Sulawesi Tenggara, menggelar penggeledahan dan tes urine bersama dalam upaya menindaklanjuti Instruksi Presiden Nomor 2 Tahun 2020 tentang P4GN, Rabu (24/8/2023).

Kegiatan itu dilaksanakan di Lapas Kelas IIA Baubau, sebagai bagian dari rencana aksi Direktorat Jenderal Pemasyarakatan untuk meningkatkan sinergi dengan aparat penegak hukum.

Kepala Divisi Pemasyarakatan, H Muslim, memimpin pelaksanaan penggeledahan dan tes urine ini dengan kerjasama antara instansi terkait, seperti TNI, Polri, dan BNN. Sebelum dimulai, ia memberikan pengarahan kepada tim yang akan terlibat, menjelaskan langkah itu adalah respon terhadap arahan presiden dan upaya konkret dari Direktorat Jenderal Pemasyarakatan dalam bidang pelayanan tahanan, kesehatan, rehabilitasi, serta keamanan.

Baca Juga: HUT ke-78, Kanwil Kemenkumham Sulawesi Tenggara Beri Penghargaan Mitra Kerja

Dalam penggeledahan gabungan 8tu, seluruh blok dan kamar hunian di Lapas Kelas IIA Baubau diperiksa dengan teliti. Kepala Unit Pelaksana Teknis Lembaga Pemasyarakatan, Herman Mulawarman, serta Kepala Bidang Keamanan, I Gede Artayasa, turut memimpin kegiatan itu.

Tes urine yang dilakukan oleh Tim Satuan Operasi Divisi Pemasyarakatan dan Badan Narkotika Nasional Kota Baubau. Foto: Ist.

 

Proses penggeledahan melibatkan Komando Distrik Militer Kota Baubau, Kepolisian Resor Kota Baubau, Badan Narkotika Nasional Kota Baubau, dan Tim Satuan Operasi Divisi Pemasyarakatan.

Hasil dari penggeledahan dan tes urine ini sangat menggembirakan. Tidak ditemukan adanya barang terlarang, narkotika, ataupun senjata tajam dalam seluruh area yang diperiksa.

Tes urine yang dilakukan oleh Tim Satuan Operasi Divisi Pemasyarakatan dan Badan Narkotika Nasional Kota Baubau kepada 50 orang warga binaan pemasyarakatan juga menghasilkan hasil negatif, menunjukkan komitmen lembaga dalam menjaga keamanan dan ketertiban.

Baca Juga: Refleksi dan Inovasi Kemenkumham di Hari Jadi

Hal itu merupakan langkah positif dalam memenuhi rencana aksi P4GN serta menunjukkan kolaborasi yang efektif antara Divisi Pemasyarakatan dan aparat penegak hukum.

Kepala Divisi Pemasyarakatan, Muslim menyatakan, kebanggaannya atas kerjasama yang kuat dan penegakan aturan yang ketat di Lapas Kelas IIA Baubau.

Upaya seperti itu juga sejalan dengan arahan presiden dan tujuan nasional untuk memerangi penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika. Melalui penggeledahan dan tes urine ini, Lapas berperan aktif dalam menjaga integritas lingkungan tahanan serta mendorong pemulihan dan rehabilitasi narapidana untuk kembali menjadi bagian produktif masyarakat. (B-Adv)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga