Warga Binaan Rutan Kelas IIB Unaaha Difasilitasi Perekaman e-KTP untuk Pilkada 2024

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Kamis, 19 September 2024
0 dilihat
Warga Binaan Rutan Kelas IIB Unaaha Difasilitasi Perekaman e-KTP  untuk Pilkada 2024
Warga Binaan di Rutan Kelas IIB Unaaha difasilitasi untuk dapat merekam e-KTP. Foto: Sigit Purnomo/Telisik

" Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas II B Unaaha, Kabupaten Konawe, memfasilitasi warga binaan pemasyarakatan (WBP) melakukan perekaman E-KTP dan pemadanan atau pencocokan data nomor induk kependudukan (NIK) "

KONAWE, TELISIK.ID - Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas II B Unaaha, Kabupaten Konawe, memfasilitasi warga binaan pemasyarakatan (WBP) melakukan perekaman E-KTP dan pemadanan atau pencocokan data nomor induk kependudukan (NIK), Rabu (18/9/2024).

Perekaman ini bertujuan agar WBP Rutan Unaaha dapat menyalurkan hak pilihnya pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Konawe serta Gubernur Sulawesi Tenggara.

Perekaman E-KTP tersebut dilakukan oleh Dinas Kependudukan Kabupaten Konawe yang disaksiskan oleh Bawaslu dan KPU Kabupaten Konawe yang diwakili oleh PPK Kecamatan Tongauna dan Panwascam Tongauna.

Baca Juga: Jalan Santai Rahman - AJB: Biaya Transport Ditanggung dan Siapkan Hadiah Utama Sepeda Motor

Kepala Rutan Kelas IIB Unaaha, Hery Kusbandono, menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan kolaborasi yang baik dalam memberikan pelayanan yang lebih optimal kepada Warga Binaan.

Dia berharap para WBP tersebut dapat menggunakan hak suaranya saat pilkada serentak tahun 2024.

“Hak pilih warga binaan sama pentingnya dengan hak pilih masyarakat yang ada di luar di rumah tahanan, jadi satu suara saja sangat penting untuk diakomodasi agar bisa menggunakan hak pilihnya nanti pada pilkada,” ujar Hery

Pantauan di lapangan, setelah dimintai keterangan, operator langsung melakukan perekaman KTP elektronik terhadap WBP, dimulai dari perekaman iris mata, perekaman sidik jari, pengambilan foto hingga perekaman tanda tangan.

Baca Juga: Oknum Guru Paksa Siswi SMK VCS, Iming-Iming Perbaikan Nilai dan Dibelikan Baju

Hasil dari kegiatan tersebut sebanyak 27 orang dilakukan perekaman baru dengan rincian 16 orang merupakan warga Kabupaten Konawe dan 11 orang warga luar Konawe, yang masih dalam wilayah Sulawesi Tenggara yang belum terdaftar di Dukcapil. Kemudian 63 orang melakukan cetak ulang KTP dikarenakan rusak ataupun hilang.

Sementara itu, Kepala Subseksi Pelayanan Tahanan, Supriono, menyampaikan bahwa jajaran Rutan Unaaha akan terus bekerja keras dalam pemutakhiran data kependudukan warga binaan Rutan Unaaha.

Hal ini berkaitan erat dalam melengkapi berkas administrasi warga binaan maupun dalam memenuhi hak politik mereka pada Pilkada 2024 nantinya. (B)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Mustaqim

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga