Warga Buton Keluhkan Debu Perbaikan Jalan Takimpo

Febriyani, telisik indonesia
Jumat, 27 September 2024
0 dilihat
Warga Buton Keluhkan Debu Perbaikan Jalan Takimpo
Jalan di Takimpo diblok warga, karena banyak debu dan kerikil. Foto: Febriyani/Telisik

" Warga Kelurahan Takimpo, Kecamatan Pasarwajo, Kabupaten Buton, mengeluhkan banyaknya debu dan kerikil di jalan poros Takimpo, dampak dari perbaikan jalan "

BUTON, TELISIK.ID — Warga Kelurahan Takimpo, Kecamatan Pasarwajo, Kabupaten Buton, mengeluhkan banyaknya debu dan kerikil di jalan poros Takimpo, dampak dari perbaikan jalan.

Warga menilai debu dan kerikil sangat berbahaya bagi pengendara dan warga sekitar. Atuna, salah seorang warga yang rumahnya tepat berada di pinggir jalan, mengaku resah dengan debu dan batu kerikil yang bertebaran dimana-mana.

"Kita yang tinggal di pinggir jalan ini susah, sekarang mau keluar rumah harus pake masker, debu banyak sekali, bisa sesak napas. Selain itu, para pengendara ini sudah tau jalan diperbaiki, ada pengerasan tapi kalau lewat masih balap-balap," beber Atuna, Jumat (27/9/2024).

Atuna mengatakan, karena banyaknya pengendara yang lewat dengan kecepatan tinggi, jadi warga yang rumahnya berada di pinggir jalan menginisiasi memblok sebagian jalan tersebut.

Baca Juga: Perbaikan Jalan Penghubung Kolaka Timur-Kolaka Segera Rampung

"Jadi jalan ini diblok sebagian-sebagian  supaya pengendara dapat mengurangi kecepatan, dengan harapan mengurangi debu yang bertebaran. Selain itu batu kerikil di tengah jalan juga berbahaya bagi pengendara, apalagi yang balap-balap," jelasnya.

Salah satu pengendara motor, Hartin, juga resah dengan banyaknya debu yang menganggu penglihatannya.

Baca Juga: Belum Ada Kepastian, Hampir Sewindu Warga Pulau Makasar Menunggu Perbaikan Jalan Lingkar

"Sekarang jalan sudah diblok mungkin karena banyaknya debu. Kita saja yang bawa motor sudah mengeluh apalagi warga sekitar sini. Bukan saja sesak napas, tapi mata juga ikut buram," katanya.

Ia berharap jalan yang dalam pengerasan tersebut segera diperbaiki, agar akses jalan semakin mudah dan warga tidak terganggu dengan debu dan kerikil. (B)

Penulis: Febriyani

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga