Warga Buton Tengah Keluhkan Hewan Ternak Berkeliaran di Jalan Poros

Mutarfin, telisik indonesia
Selasa, 29 November 2022
0 dilihat
Warga Buton Tengah Keluhkan Hewan Ternak Berkeliaran di Jalan Poros
Keadaan jalan poros yang sering dilalui hewan ternak di Buton Tengah. Warga pun mengeluh.Foto: Mutarfin/Telisik

" Warga Desa Balobone, Kecamatan Mawasangka, Kabupaten Buton Tengah mengeluhkan hewan ternak yang sering lalu lalang di jalan poros "

BUTON TENGAH, TELISIK.ID - Warga Desa Balobone, Kecamatan Mawasangka, Kabupaten Buton Tengah mengeluhkan hewan ternak yang sering lalu lalang di jalan poros.

Seorang warga Desa Balobone, Indra menjelaskan, banyak hewan ternak yang dibiarkan berkeliaran, bahkan sampai melintas ke jalan poros tak jarang terjadi kecelakaan bagi penguna jalan.

"Bahkan sudah sering terjadi kecelakaan lantaran menabrak sapi siang maupun di malam hari," ungkapnya, Selasa (29/11/2022).

Baca Juga: Proyeksi APBD 2023 Kolaka Utara Meningkat Berikut Rinciannya

Selain itu, Kepala Bagian Hukum Sekretariat Daerah Kabupaten Buton Tengah, Aminuhu menyatakan, pihaknya telah mengajukan  Perda Penertiban Hewan, itu merupakan aspirasi dari masyarakat.

"Karena hewan ternak kita juga ini kadang sudah tidak sesuai dengan harapan, kadang ini sudah keluar jalan sehingga mengakibatkan kecelakaan bagi penguna jalan," jelasnya.

Baca Juga: 31 Desember Pelantikan 124 Kades Terpilih

Aminuhu mengakui, Buton Tengah terdapat banyak hewan ternak utamanya itu sapi yang menurut masyarakat perlu diterbitkan, karena banyak hewan ternak yang menggangu ketertiban umum.

"Sehingga itu merupakan salah satu prioritas pemerintah termasuk usulan masyarakat, supaya segera dibuatkan dalam peraturan daerah," paparnya.

Untuk diketahui, Raperda tentang Penertiban Hewan itu telah masuk dalam 12 Ranperda telah dibahas di DPRD dan telah diajukan ke Kemeterian Dalam Negeri, juga menyetujui sekaligus memberikan kewenangan kepada Pj bupati selain melakukan pembahasan diberikan kewenangan untuk menandatangani setelah Perda itu ditetapkan. (B)

Penulis: Mutarfin

Editor: Kardin 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga