Warga Butur Panik Diguncang Gempa 3.4 Magnitudo

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Kamis, 23 April 2020
0 dilihat
Warga Butur Panik Diguncang Gempa 3.4 Magnitudo
Gambaran wilayah yang terkena gempa bumi. Foto: Ist.

" Memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar lokal yang ada di daerah Buton Utara Sulawesi Tenggara. "

KENDARI, TELISIK.ID - Sekitar pukul 16:39 Wita, bagian sebelah Timur Laut Buranga diguncang gempa tektonik dengan kekuatan 3.4 Magnitudo, Kamis (23/4/2020).

Gempa 3.4 Magnitodo tersebut sempat menimbulkan kepanikan bagi seluruh warga Buton Utara (Butur) yang berhamburan ke luar rumah.

Kepala Stasiun Geofisika Kendari, Rosa Amelia menjelaskan, menurut analisis BMKG Kendari episenter gempa terletak pada koordinat 4.68  LS, 123.14 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 24.0 Km, Timur Laut Buranga Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), pada kedalaman 10 Km.

"Memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar lokal yang ada di daerah Buton Utara Sulawesi Tenggara," ungkapnya, Kamis (23/4/2020)

Baca juga: Kapolri Mutasi Sejumlah Perwira di Polda Sultra

Guncangan gempa tersebut dilaporkan dirasakan di Ereke II-III MMI dan hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa ini tidak berpotensi tsunami.

"Hingga pukul 17:10 WITA, hasil monitoring BMKG menunjukkan belum terjadi aktivitas gempa bumi susulan, jadi kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," pungkasnya.

Reporter: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Sumarlin

Artikel Terkait
Baca Juga