adplus-dvertising

Warga Cemas Kasus COVID-19 Kembali Membludak saat Mudik, Ini Himbauan Dinkes Kendari

Ruliawan Putra Utama, telisik indonesia
Selasa, 19 April 2022
480 dilihat
Warga Cemas Kasus COVID-19 Kembali Membludak saat Mudik, Ini Himbauan Dinkes Kendari
Posko Vaksinasi Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Kendari, yang terletak di samping Kantor Dinkes Kota Kendari. Foto: Ruliawan/Telisik

" Masyarakat mulai cemas akan, jumlah kasus COVID-19 ditakutkan akan kembali meningkat menjelang Idul Fitri 1443 Hijriah "

KENDARI, TELISIK.ID - Jelang mudik lebaran, masyarakat mulai cemas lagi, pasalnya, jumlah kasus COVID-19 ditakutkan akan kembali meningkat menjelang Idul Fitri 1443 Hijriah.

Salah seorang Masyarakat, Nuraini mengatakan, dirinya turut bahagia dengan diperbolehkannya masyarakat untuk mudik lebaran di tahun ini, namun dia juga khawatir kasus COVID-19 kembali muncul karena mudik lebaran ini.

"Jujur saya ikut senang, walau saya tidak ikut mudik, tapi saya juga takut nanti adalagi kasus COVID-19 yang di bawah dari luar daerah masuk ke Kota Kendari," kata Nuraini, Selasa (19/4/2022).


Hal yang sama diungkapkan warga lainnya, Jumaning Rahman yang mengungkapkan, jika dirinya cemas jika pemudik dari luar Sulawesi Tenggara (Sultra) masuk ke Kota Kendari dan kembali membawa COVID-19.

"Bukan hanya perantau saja tapi masyarakat yang bekerja atau bermukim di Kota Kendari juga, kalau mereka mudik dan pulang kembali ke Kendari bawa COVID-19 bagaiamana?," ungkap Jumaning Rahman.

Menanggapi hal itu Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Kendari, pemudik agar menerapkan mudik sehat yang bisa dilakukan pemudik sebelum mudik lebaran 2022.

Kepala Dinkes Kendari, drg Rahminingrum mengungkapkan, langkah pertama yang wajib dilakukan adalah vaksinasi COVID-19 dosis ketiga.

Baca Juga: Sempat Bertahan 4 Kasus Aktif COVID-19, Sekarang Tersisa 2 di Kota Kendari

"Di samping banyak kemudahan kalau sudah booster, masyarakat juga bisa merayakan lebaran dengan aman," jelasnya.

Itu dilakukan agar tidak ada lagi perasaan was-was akan terjangkit COVID-19, baik dari diri sendiri maupun orang lain.

"Kita bisa bersilaturahmi tanpa menularkan, begitu juga dengan tetangga, saudara, serta orang tua tidak tertular maupun menularkan," ucap Rahminingrum.

Selanjutnya, tips dari dia yaitu menjaga kesehatan mulai dari sebelum keberangkatan mudik.

IA menuturkan, mudik merupakan aktivitas yang membutuhkan kecakapan fisik sehingga disarankan untuk mengonsumsi makanan bergizi.

Baca Juga: Gubernur Sultra Diduga Pecat Sepihak Wadir RSUD Bahteramas

"Kemudian banyak konsumsi air putih, bila perlu minum suplemen atau vitamin," tutur dia.

Rahminingrum berharap, para pemudik bisa sampai ke kampung halaman dengan sehat dan selamat, sehingga bisa berkumpul dengan keluarga.

"Saya kira sekarang perjalanan sudah dimudahkan, mulai dari perjalanan darat, laut, dan udara," sebutnya.

Meski begitu, dia menegaskan agar masyarakat bersegera mendapatkan vaksinasi booster. (A)

Reporter: Ruliawan Putra Utama

Editor: Kardin

Baca Juga