adplus-dvertising

Warga Desa di Wakatobi Bergembira Temukan Mata Air Bersih

Boy Candra Ferniawan, telisik indonesia
Rabu, 24 November 2021
421 dilihat
Warga Desa di Wakatobi Bergembira Temukan Mata Air Bersih
Tampak masyarakat desa yang berada di lokasi sumber mata air. Foto: Ist.

" Impian masyarakat Desa Dete untuk mendapatkan sumber mata air bersih, kini telah membuahkan hasil "

WAKATOBI, TELISIK.ID - Impian masyarakat Desa Dete untuk mendapatkan sumber mata air bersih, kini telah membuahkan hasil.

Setelah sekian lama dilakukan penyisiran dan pencarian di berbagai titik wilayah, akhirnya Tim Pengebor daerah Wangi-Wangi bersama masyarakat berhasil menemukan mata air bersih di salah satu perkebunan milik warga Desa Dete, Kecamatan Tomia Timur, Kabupaten Wakatobi.

Pemilik perkebunan sumber mata air, La Irama mengatakan, ketika tim pengebor dari kabupaten melakukan penggalian kurang lebih satu bulan lamanya, akhirnya sumber mata air dapat ditemukan.


“Sumber mata air sudah didapat dengan cara dibor ke dalam,” kata La Irama, Rabu (24/11/2021).

La irama mengemukakan, sampai saat ini air tersebut sudah dipompa selama 2 jam. Selain itu, untuk kedepannya sumber air ini nantinya dapat digunakan sebagai salah satu cadangan mata air bagi masyarakat yang kesulitan mendapatkan air bersih.

“Sudah dua jam masyarakat di sini bersama tim pengebor daerah memompa airnya dengan diesel, tapi air tidak habis-habis,” tambahnya.

Senada dengan itu, Kepala Desa Dete, Juwarni memanjatkan rasa puji dan syukur usai ditemukannyan sumber mata air baru di desanya.

“Ini anugerah yang tidak terhingga, tentu masyarakat sangat senang dan gembira, apalagi hal ini merupakan keinginan masyarakat Desa Dete,” ungkap Juwarni.

Baca Juga: uma Naik 1,2 Persen, Gasper Jatim Tolak Kenaikan UMP Tahun 2022

Juwarni menuturkan, sumber mata air tersebut akan menjadi sumber mata air utama yang nantinya diperuntukan bagi masyarakat yang kesulitan mendapatkan air. Karena lokasinya yang berada di wilayah dataran tinggi.

“Kini Desa Dete punya sumber mata air utama, kedepannya nanti akan dibuatkan sumur bor di beberapa titik lokasi yang berbeda. Sehingga pemerataan distribusi air bagi warga dapat dilakukan secara maksimal. Sehingga desa bisa mandiri air bersih,” tutupnya.

Dengan keberhasilan ini akan diusulkan kembali tahun depan ditambah titik pengeboran melalui APBD Kabupaten Wakatobi di tahun 2022.

Untuk diketahui, sumber mata air tersebut awalnya dideteksi melalui atas permukaan tanah. Di bor dengan mesin boring barulah sumber mata air ditemukan.

Baca Juga: Lima Warga Kolut Terseret Air Bah Saat Menyeberang di Sungai

Program pengadaan sumur bor merupakan bagian program Bupati Haliana sebagai respon atas permintaaan masyarakat Desa Dete yang masih kesulitan memiliki sumber air bersih.

Dimana, anggaran pengadaan sumur bor di Desa Dete bersumber dari Dinas PU melalui Pendapatan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) Kabupaten Wakatobi. (B)

Reporter: Boy Candra Ferniawan

Editor: Fitrah Nugraha

Artikel Terkait
Baca Juga