Warga di Pinggiran Laut Diharap Aktif Jaga Pencemaran Air dari Sampah

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Minggu, 13 Juni 2021
0 dilihat
Warga di Pinggiran Laut Diharap Aktif Jaga Pencemaran Air dari Sampah
Suasana saat lomba memungut sampah di laut. Foto: Fitrah Nugraha/Telisik

" Kesadaran warga sangat dibutuhkan untuk senantiasa menjaga lingkungan agar tidak membuang sampah sembarangan, terlebih kita yang berada di pinggiran laut "

KENDARI, TELISIK.ID - Warga yang bertempat tinggal di sekitar pinggiran laut, harus lebih aktif menjaga pencemaran air dari sampah.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Kendari, Nahwa Umar. Menurutnya, menjaga kebersihan lingkungan, khususnya di laut, bukan hanya tugas pemerintah tapi juga semua elemen masyarakat dan pemerintah, khusus warga yang ada di tinggal di pinggiran laut.

Baca Juga: Ini Kapal Perintis yang Melintas di Laut Kendari, Lengkap dengan Rutenya

"Kesadaran warga sangat dibutuhkan untuk senantiasa menjaga lingkungan agar tidak membuang sampah sembarangan, terlebih kita yang berada di pinggiran laut," katanya pada peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia di Kendari, belum lama ini.

Lebih lanjut, ia berharap warga di sekitar pinggir laut jika melihat sampah agar segera dipungut agar air laut tidak tercemar.

Pasalnya, tambah dia, berdasarkan laporan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kendari bahwa persoalan sampah di darat mulai bisa diatasi, namun yang saat ini justru sampah di laut yang tidak terkendali.

"Kita harus menjaga, bahkan kalau ada sampah yang terapung di laut dengan kesadaran kita segera memungutnya," tambahnya.

Baca Juga: Gubernur Ali Mazi Resmi Kukuhkan RKM Sultra, Sitti Saleha Jadi Ketua Umum

Olehnya itu, perlombaan memungut sampah yang diadakan pemerintah kota melalui DLHK Kendari pada peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia, diharapkan para peserta tidak hanya berlomba meraih hadiah saja, tapi bagaimana kesadaran akan penting menjaga kebersihan laut bisa tertanam.

"Lomba memungut sampah yang intinya bukan memungut sampah dan hadiah, tapi bagaimana kita bisa menyadari agar kita senantiasa menjaga lingkungan, jangan kita buang sampah sembarangan," pungkasnya. (B-Adv)

Reporter: Fitrah Nugraha

Baca Juga