Warga Diajak Terlibat Rawat dan Jaga Keindahan RTH

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Senin, 01 Februari 2021
0 dilihat
Warga Diajak Terlibat Rawat dan Jaga Keindahan RTH
Salah satu ruang terbuka hijau di Kota Kendari. Foto: Ist.

" Masih banyak masyarakat yang beranggapan bahwa RTH itu bukan sesuatu yang harus dirawat dan dijaga keindahannya "

KENDARI, TELISIK.ID – Merawat dan menjaga keindahan Ruang Terbuka Hijau (RTH) bukan hanya tugas dari pemerintah saja, namun juga harus didukung oleh warga masyarakat.

Hal tersebut disampaikan Kepala Bidang Tata Lingkungan DLHK Kendari, Adi Jaya Purnama. Menurutnya, membangun kesadaran kepedulian masyarakat terhadap lingkungan memang bukan perkara mudah, namun itu tidak menghambat pemerintah untuk terus mengedukasi masyarakat agar mau ikut menjaga keindahan kota.

“Memang kami di DLHK ini yaitu membangun kesadaran masyarakat yang belum maksimal, khususnya terkait dengan bagaimana kita merawat bersama fasilitas umum termasuk RTH ini,” katanya kepada Telisik.id, belum lama ini.

Edukasi ini terus dilakukan, tambah dia, sebab masih banyak masyarakat yang beranggapan bahwa RTH itu bukan sesuatu yang harus dirawat dan dijaga keindahannya.

Dari anggapan yang keliru tersebut, beberapa masyarakat akhirnya suka membuang atau menyimpan apa saja di RTH seperti di median jalan.

Baca Juga: DLHK Wujudkan Kota Kendari Berbasis Ekologi

Baca Juga: Setiap Hari, DLHK Kendari Laporkan Kegiatan Tata Lingkungan ke Masyarakat

“Nah, inilah mindsite yang mesti kita ubah, bahwa janganlah seperti itu. Mari ketika ada kotoran atau sampah buanglah pada tempatnya, jangan di median atau taman, sebab itu sangat menggangu keindahan dan orang yang mau menikmati RTH itu juga jadi kurang nyaman,” pungkasnya.

Sementara itu, salah seorang warga Kota Kendari, Haidir menyambut baik ajakan pemerintah untuk bersama-sama menjaga dan merawat RTH dan median jalan.

“Bagus memang kalau banyak tanaman di median jalan. Kalau kita lewat jadi sejuk dan indah dilihat. Jadi saya setuju bahwa mestinya bukan hanya pemerintah, tapi tugas bersama untuk menjaga RTH ini,” ujarnya. (B-Adv)

Reporter: Fitrah Nugraha

TAG:
Baca Juga