Warga Diharap Mau Memilah Sampah Kering dan Basah

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Senin, 26 Juli 2021
0 dilihat
Warga Diharap Mau Memilah Sampah Kering dan Basah
Pemilahan sampah basah dan kering. Foto: Ist.

" Warga Kota Kendari diharap bisa memilah sampah kering dan basah. "

KENDARI, TELISIK.ID - Warga Kota Kendari diharap bisa memilah sampah kering dan basah.

Divisi Program Jendela Rumah Sehati (JARS) Foundation, Erna Hernawati mengatakan, dalam mengelola sampah dibutuhkan partisipasi masyarakat yang dimulai dari rumah tangga.

"Untuk pelaksanaannya dimulai dari Kelurahan Lahundape. Sejauh ini masyarakat sudah mau dalam memilah antara sampah basah dan kering namun untuk sampai ke hilir itu belum maksimal," ungkapnya, Senin (26/7/2021).

Erna juga manambahkan, untuk meningkatkan kesadaran masyarakat itu bukan hal mudah dibutuhkan proses.

Baca juga: Lima Hari PPKM, 360 Warga Kendari Terpapar COVID-19

Baca juga: Kasus Aktif COVID-19 di Kendari Tembus 1.000 Orang

"Meningkatkan kesadaran warga itu bukan hal mudah karena tentang kebiasaan juga bagaimana kita mengajak masyarakat untuk mau terlibat langsung dalam pengelolaan sampah ini," katanya.

Diketahui, JARS Foundation berkerjasama dengan Pemerintah Kota Kendari melalui DLHK yang mempunyai program pengelolaan sampah berbasis masyarakat dengan menargetkan semua kecamatan di Kota Kendari.

Sebelumnya, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kota Kendari, Nismawati mengungkapkan, sampah merupakan persoalan yang perlu menjadi perhatian semua pihak.

Tanpa perhatian dan kesadaran semua pihak, lanjut Nismawati, persoalan sampah ini tidak akan bisa terselesaikan.

“Ini menjadi perhatian kita semua, bukan hanya pemerintah saja. sebab untuk menciptakan lingkungan yang bersih perlu adanya perhatian semua pihak. Kalau hanya pemerintah saja yang perhatian sedang masyarakatnya tidak, tentu untuk mencapai lingkungan yang bersih dan sehat tidak akan bisa tercapai,” tegasnya. (B-Adv)

Reporter: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga