Warga Eks Pengguna Napza Keciprat Bantuan Usaha

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Sabtu, 12 Februari 2022
0 dilihat
Warga Eks Pengguna Napza Keciprat Bantuan Usaha
Proses penyerahan bantuan pada warga eks Napza di Kelurahan Kampung Salo Kota Kendari. Foto: Ist.

" Kepala Loka Minaula Upt Kementerian Sosial, Syamsudin mengatakan, selain memberikan bantuan bagi masyarakat juga akan memonitoring jalannya usaha bagi korban penyalah gunaan Napza "

KENDARI, TELISIK.ID - Kerja sama Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Kendari, dan Loka Minaula Kendari, serta Lurah Kampung Salo dalam pemberian bantuan berupa alat dan bahan kebutuhan usaha pada warga eks Napza (narkotika, psikotropika dan zat adiktif lainnya).

Kepala Loka Minaula Upt Kementerian Sosial, Syamsudin mengatakan, selain memberikan bantuan bagi masyarakat juga akan memonitoring jalannya usaha bagi korban penyalah gunaan Napza.

"Kita berikan mereka pendampingan, bagaimana caranya untuk mengelola usaha, dan kita akan kerjasama dengan lembaga-lembaga terkait kewirausahaan untuk membantu mereka," ujarnya pada Telisik.id, Sabtu (12/2/2022).

Sementara Kepala BNK Kota Kendari, Murniati mengatakan jika memilih Kampung Salo karena merupakan salah satu wilayah IBM (Intervensi Berbasis Masyarakat) yang memiliki eks Napza yang sudah pulih, dan sehat secara medis.

"Alhamdulillah, sekitar 4 bulan kami evaluasi mereka, sudah sembuh dan siap kembali bergabung di masyarakat," ujarnya.  

Bantuan diberikan pada 3 orang warga Kelurahan Kampung Salo yang merupakan eks Napza. Bantuan berupa pemberian alat dan bahan makanan untuk kebutuhan usaha kuliner bagi Ibu rumah tangga eks Napza sehingga bisa membantu perekonomian keluarganya.

Baca Juga: Berawal dari Belajar Puasa Sunnah, Gadis Perantau dari Makassar Ini Putuskan Jadi Mualaf

Bantuan berupa beras, minyak goreng, sayur-mayur, blender, tabung gas, kompor gas, daging ayam, bumbu dapur dan kebutuhan usaha kuliner seperti usaha ayam geprek, minuman, dan gorengan.

Lurah Kampung Salo, Budi Utomo berterima kasih pada pemerintah setempat yang telah memperhatikan warganya dan berharap warga penerima bantuan bisa memanfaatkan dengan baik bantuan tersebut terutama dalam menjalankan usaha kaki lima.

"Saya berharap, warga penerima bantuan memanfaatkan betul-betul, dan tidak mengulangi perbuatannya di masa lalu," ujarnya.

Baca Juga: Pebulutangkis Kota Kendari Tak Ada Alasan Tidak Berprestasi

Seorang Ibu eks Napza, Ramni mengatakan akan memanfaatkan bantuan dengan usaha kuliner ayam geprek.

"Insya Allah saya jualan hari Senin, bersyukur diberikan bantuan, dan berharap ke depannya tidak akan mengulangi kesalahan yang sama," tutupnya. (A)

Reporter: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

Baca Juga