Warga Harap Penanggulangan Banjir Kali Kadia Direspon Cepat, DPRD Minta Normalisasi Jangka Pendek

Erni Yanti, telisik indonesia
Selasa, 28 Mei 2024
0 dilihat
Warga Harap Penanggulangan Banjir Kali Kadia Direspon Cepat, DPRD Minta Normalisasi Jangka Pendek
Rapat Dengar Pendapat antara warga Kelurahan Kadia, Dinas PUPR dan DPRD Kota Kendari. Foto: Erni Yanti/Telisik

" Warga Kelurahan Kadia, Kota Kendari meminta penanggulangan bencana banjir akibat luapan Kali Kadia agar direspon cepat "

KENDARI, TELISIK.ID - Warga Kelurahan Kadia, Kota Kendari meminta penanggulangan bencana banjir akibat luapan Kali Kadia agar direspon cepat.

Atas permintaan warga tersebut, Komisi III DPRD Kota Kendari melakukan Rapat Dengar Pendapat (RDP) membahas penanggulangan banjir untuk jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang, Selasa (28/5/2024).

Ketua Komisi III DPRD Kota Kendari, Rajab Djinik meminta kepada dinas PUPR Kota Kendari untuk memperjelas perencanaannya apakah jangka panjang, jangka menengah atau jangka pendek yang harus dieksekusi dan dianggarkan.

Rajab juga mengingatkan, untuk melakukan perencanaan matang terlebih dahulu agar anggaran yang diturunkan tepat sasaran dan sesuai dengan skala prioritas.

"Saya sudah kasih tahu mana perencanaannya, master plan, karena kalau kita bicara anggaran, pokir-pokir turun baru ada perencanaan dan dilakukan pengukuran, tidak ada perencanaan sama sekali ini masalah besar," kata Rajab.

Baca Juga: Kapolda Sulawesi Tenggara Naik Satu Bintang

Rajab mengatakan, Pemerintah Kota Kendari melalui DPRD menyampaikan agar Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kota Kendari berkoordinasi dengan Balai Wilayah Sungai agar langsung melakukan eksekusi penanganan banjir tersebut.

"Sekarang kita fokus pada jangka pendek, nanti apa yang mau dirancang PU nanti itu masuk ke kami koordinasikan dengan Balai Wilayah Sungai," terang Rajab.

Sementara itu, Kepala Bidang Sumber Daya Air (SDA) PUPR Kota Kendari, Rina Sake mengatakan, dari hasil RDP dengan DPRD akan melakukan penanganan banjir jangka pendek.

"Yang kita mau lakukan adalah langkah apa penanganan jangka pendek yaitu normalisasi yang insyaAllah nanti kita berkolaborasi dengan teman-teman BWS. Kita akan mendapat bantuan alat sehingga pelaksanaan penanganan jangka pendeknya kita akan melakukan dalam waktu dekat ini," kata Rina.

Sementara untuk penanganan jangka menengah dan jangka panjangnya, membutuhkan waktu dan anggaran untuk lebih lanjut.

Namun yang penting saat ini untuk penanganan banjir di Kali Kadia, yaitu melakukan normalisasi dengan pengangkatan sedimen-sedimen yang mempersempit aliran air.

Baca Juga: Puluhan Rumah Warga Kendari Terendam Banjir Akibat Air Sungai Meluap

Kepala Lurah Kadiaz Yance Sampe, merasa sangat terbantu dan sangat berterima kasih atas RDP tersebut, karena sebagian dari masalah lingkungan kelurahan mulai teratasi.

Disepakatinya solusi jangka pendek dengan normalisasi Kali Kadia, karena menurutnya, sudah menjadi momok dalam kehidupan masyarakat Kadia mengalami dampak banjir yang tidak kunjung berhenti sampai saat ini.

"Mudah-mudahan dengan dilaksanakannya normalisasi ini, kami selaku masyarakat bisa teratasi dari masalah banjir," kata  Yance.

Lebih lanjut lagi, dengan program jangka menengahnya terkait dengan pelebaran Kali Kadia, menurutnya akan lebih bagus kedepannya.

"Kalau memang kalinya bisa dipelebar pada program jangka menengah dan terlebih daya tampung air lebih besar,  ditambah program jangka panjang pembuatan kolam retensi penampungan air," tutupnya. (A)

Penulis: Erni Yanti

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga