Warga Keluhkan Sarana Prasarana Polres Kolaka Timur Minim

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Senin, 30 Januari 2023
0 dilihat
Warga Keluhkan Sarana Prasarana Polres Kolaka Timur Minim
Kurangnya sarana dan prasarana di Polres Kolaka Timur membuat masyarakat kesulitan dalam pengurusan SIM Foto: Sigit Purnomo/Telisik

" Masyarakat Kabupaten Kolaka Timur sangat berharap pelayanan dan fasilitas pembuatan dan perpanjangan SIM segera tersedia di Polres Kolaka Timur "

KOLAKA TIMUR, TELISIK.ID - Belum lengkapnya sarana prasarana di Polres Kolaka Timur terutama untuk pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM), membuat masyarakat sulit dalam mengurus SIM.

Diketahui, SIM merupakan salah satu dokumen wajib dan bukti registrasi yang diberikan kepolisian terhadap masyarakat yang telah memenuhi persyaratan untuk mengemudi atau mengendarai kendaraan.

Masyarakat Kabupaten Kolaka Timur sangat berharap pelayanan dan fasilitas pembuatan dan perpanjangan SIM segera tersedia di Polres Kolaka Timur.

Salah satu masyarakat, Mujurianto mengatakan, dirinya sangat mengharapkan dengan terbentuknya Polres Kolaka Timur maka layanan penerbitan SIM dapat disediakan oleh  Satuan Penyelenggara Administrasi SIM (Satpas) melalui Satuan Lalulintas (Satlantas) Polres Koltim.

"Jadi saya sangat mengharapkan dengan terbentuknya Polres Kolaka Timur juga ada pelayanan pembuatan dan perpanjangan SIM," tuturnya, Senin (30/1/2023).

Baca Juga: Pemerintah Diminta Benahi Sarana Prasarana Olahraga

Ia menjelaskan, jika pelayanan pembuatan SIM sudah ada, masyarakat Kolaka Timur tak lagi harus meninggalkan pekerjaan dan menghabiskan biaya perjalanan hanya untuk mengurus SIM.

"Kalau pembuatan dan perpanjangan SIM sudah ada, maka kami masyarakat Kolaka Timur tidak lagi kesulitan pergi ke Kolaka atau ke Kendari," imbuhnya.

Di tempat berbeda, Indah, juga berharap agar pelayanan yang ada di Polres Kolaka Timur terutama pelayanan pembuatan SIM segera dibuka.

"Setahuku saat ini yang baru terbuka pembuatan SKCK saja, semoga SIM juga sudah bisa," tambahnya.

Ia juga mengapresiasi Polres Kolaka Timur yang baru saja terbentuk tapi sudah dapat mengaktifkan pelayanan pembuatan SKCK, dan membuat program Strong Point di beberapa titik keramaian serta di sekolah.

Sementara itu, Kapolres Kolaka Timur, AKBP Yudhi Palmi DJ, menjelaskan bahwa terkait dengan pengadaan SIM memang belum tersedia. Masyarakat diminta bersabar mengingat Polres Kolaka Timur baru terbentuk.

Baca Juga: Gubernur Sultra Kembali Tinjau Sarana Prasarana Porprov 2022 di Buton

"Mudah-mudahan sejalan dengan berdirinya Polres Koltim, Satpas untuk SIM minimal mobil keliling ada, sehingga kita bisa membantu masyarakat dalam perpanjangan maupun pembuatan SIM," terangnya.

Ia berharap masyarakat Kolaka Timur dapat memaklumi keadaan fasilitas  Polres yang masih baru dan belum sepenuhnya lengkap.

"Kami berharap agar semua fasilitas di Polres Kolaka Timur segera terpenuhi. Namun tidak dapat kita pungkiri karena Polres ini baru terbentuk, jadi harap dimaklumi keadaannya," jelasnya.

Dia berharap nanti ada pengadaan Satpas dari Mabes Polri untuk Satlantas Polres Kolaka Timur. (A)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga