Warga Kendari Apresiasi Film Mosonggi, Angkat Budaya Lokal Sulawesi Tenggara

Fadli Ansar, telisik indonesia
Kamis, 04 Januari 2024
0 dilihat
Warga Kendari Apresiasi Film Mosonggi, Angkat Budaya Lokal Sulawesi Tenggara
Acara nonton bareng Film Mosonggi "Cintaku dalam Segulung Sinonggi" di Bioskop Hollywood Square Kendari. Foto: Fadli Ansar/Telisik

" Film lokal karya putra daerah Sulawesi Tenggara yang berjudul Mosonggi "Cinta dalam Segulung Sinonggi" tayang perdana pada Kamis, 4 Januari 2024 "

KENDARI, TELISIK.ID - Film lokal karya putra daerah Sulawesi Tenggara yang berjudul Mosonggi "Cinta dalam Segulung Sinonggi" tayang perdana pada Kamis, 4 Januari 2024.

Film yang disutradarai oleh Irham Acho Bahtiar tersebut disambut antusias oleh masyarakat Kota Kendari dan sekitarnya.

Pada acara nonton bareng tayangan perdana film Mosonggi di Bioskop Hollywood Square Kendari hari ini, Kamis (4/1/2024), terlihat penonton keluar dari ruang bioskop dengan begitu sumringah.

Kebanyakan penonton berasal dari kalangan ibu-ibu yang memang sejak dulu menantikan film ini. Film Mosonggi sebelumnya dikabarkan akan tayang pada akhir 2023. Namun, karena beberapa kendala film ini akhirnya tayang pada Januari 2024.

Baca Juga: Ini 5 Film Luar Negeri Terbaik di Tahun 2023

Menurut Bu Rostina, salah seorang penonton Film Mosonggi menerangkan, film Mosonggi ini berbeda dengan film lainnya karena keunikannya dalam mengangkat budaya lokal dalam hal ini makanan khas Sulawesi Tenggara, yaitu sinonggi.

"Sangat menarik, sangat bagus sekali. Apalagi dengan judul sinonggi jadi bisa mempopulerkan dan memperkenalkan ciri khas makanan dari Sulawesi Tenggara, sehingga masyarakat di Kota Kendari bisa menikmati film ini," tanggapnya.

Bu Rostina sangat antusias untuk menonton film ini. Ia bahkan hadir di bioskop dalam satu rombongan bersama rekan-rekannya dari TK Negeri 1 Kendari.

"Tadi kita nonton bareng bersama kru dari TK Negeri 1 Kendari," ungkapnya.

Selain dari kalangan ibu-ibu, film Mosonggi juga diapresiasi keberhasilannya oleh kalangan pemuda. Salah seorang penonton bernama Fajrin mengungkapkan, film ini selain menghibur juga memberikan amanat bagi anak muda untuk mengangkat budaya lokal Sulawesi Tenggara.

"Banyak pesan yang bisa kita ambil dari film ini, salah satunya itu kalau ada kita mau, kita harus berusaha walaupun banyak rintangan. Saya bangga juga itu karena mengangkat budaya lokal, khususnya kami suku Tolaki," imbuhnya.

Baca Juga: Pemain Film Parasite Diduga Bunuh Diri, Tinggalkan Pesan Haru untuk Sang Istri

Antusiasme warga Kota Kendari dalam nonton bareng Film Mosonggi ini juga dirasakan oleh pemain Film Mosonggi itu sendiri. Alam Konawe, komedian Sulawesi Tenggara yang berperan di film tersebut merasa bahagia melihat semangat warga Kendari untuk menonton Mosonggi di luar ekspektasinya.

"Saya nggak nyangka ternyata penontonnya antusias untuk menonton, apalagi liat akting-akting kita katanya bagus-bagus juga semuanya lucu. Pokoknya katanya baiklah semuanya mereka," ungkap komedian asal Bose-Bose, Konawe tersebut.

Antusiasme itu ditangkap oleh Alam berdasarkan bincang-bincangnya dengan para penonton. Ia bahkan terkejut dengan keinginan penonton yang ingin menyaksikan Film Mosonggi sekali lagi karena merasa tidak puas jika hanya sekali nonton.

"Saya tadi sempat wawancara, sambil foto nanya-nanya ke ibu-ibu, mereka sangat senang sekali dengan film Mosonggi, bahkan ada yang mau nonton dua kali katanya," ungkapnya. (A)

Penulis: Fadli Ansar

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga