Warga Kendari yang Berkecukupan Diimbau Berinfak

Musdar, telisik indonesia
Jumat, 16 April 2021
0 dilihat
Warga Kendari yang Berkecukupan Diimbau Berinfak
Warga Kendari diimbau berinfak. Foto: Repro harapan amal mulia

" Mudah-mudahan saudara kita yang berkecukupan mengeluarkan infak secara suka rela dalam bulan suci Ramadan. "

KENDARI, TELISIK.ID - Warga Kota Kendari diimbau untuk menyalurkan infak dalam bulan suci Ramadan 1442 Hijriah.

Kepala Bagian (Kabag) Kesejahteraan Masyarakat (Kesra) Pemkot Kendari, Abdul Rauf mengatakan, infaq Ramadan hanya bersifat imbauan sehingga tidak ada paksaan.

"Mudah-mudahan saudara kita yang berkecukupan mengeluarkan infak secara suka rela dalam bulan suci Ramadan," kata Abdul Rauf, Kamis (15/4/2021).

Abdul Rauf menjelaskan, mekanisme penyaluran infaq dapat dilakukan melalui unit pengumpul zakat (UPZ) atau amil. Selanjutnya, amil akan membawa infak tersebut ke Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Kendari.

Baca juga: Hadir di Kendari, Motor Listrik Bisa Jadi Solusi Jaga Lingkungan

"Nanti Baznas akan menyalurkan kepada yang berhak menerima zakat ini," kata Abdul Rauf.

Senada dengan itu, Kepala Baznas Kota Kendari Alimuddin mengatakan, penyaluran Baznas dilakukan bersamaan dengan pembayaran zakat fitrah.

"Jadi pada saat membayar zakat fitrah, include juga bagi yang mampu untuk berinfaq. Yang ditetapkan minimal Rp 20.000 per KK (Kepala Keluarga)," jelas Alimudin.

Untuk diketahui, dalil mengenai anjuran untuk berinfak ini tertera dalam Al-Quran surah Al-Baqarah ayat 267:

“Hai orang-orang yang beriman, berinfaklah [di jalan Allah] sebagian dari hasil usahamu yang baik-baik dan sebagian dari apa yang Kami keluarkan dari bumi untuk kamu. Dan janganlah kamu memilih yang buruk-buruk lalu kamu menafkahkan daripadanya, padahal kamu sendiri tidak mau mengambilnya melainkan dengan memincingkan mata terhadapnya. Dan ketahuilah, bahwa Allah Maha Kaya lagi Maha Terpuji," (Al-Baqarah [2] 267). (B)

Reporter: Musdar

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Baca Juga