Warga Kolaka Utara Gelar Salat Gaib untuk Korban Gempa Turki

Muh. Risal H, telisik indonesia
Jumat, 10 Februari 2023
0 dilihat
Warga Kolaka Utara Gelar Salat Gaib untuk Korban Gempa Turki
Salat ghaib yang dipimpin Ust Sabrianto digelar di Masjid Al-Ikhlas (samping kantor kemenag) Kecamatan Lasusua. Foto Muh Risal H/Telisik

" Ribuan masyarakat Kolaka Utara menggelar salat ghaib untuk mendoakan para korban bencana gempa bumi di Turki dan Suriah "

KOLAKA UTARA, TELISIK.ID - Ribuan masyarakat Kolaka Utara menggelar salat ghaib untuk mendoakan para korban bencana gempa bumi di Turki dan Suriah.

Menurut Pelaksana harian (Plh) Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kolaka Utara, Sugianto, salat ghaib digelar sebagai tindak lanjut surat himbauan Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama Sulawesi Tenggara.

"Suratnya menghimbau salat ghaib dan tahil setelah salat Jumat pelaksanaan atas timbulnya ribuan korban meninggal dunia dalam bencana gempa bumi di Turki dan Suriah," terangnya, Jumat (10/2/2023).

Baca Juga: Dispar Target PAD Dua Objek Wisata di Kolaka Utara Rp 250 Juta Tahun Ini

Untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) Kantor Kemenag Kolaka Utara, lanjutnya, pelaksanaan salat gaib dan tahlil dilaksanakan di Masjid Al-Ikhlas samping Kantor Kemenag.

"Kami juga telah bersurat ke kepala KUA kecamatan, kepala madrasah negeri dan swasta, pimpinan pondok pesantren, dan Ketua DMI Kolaka Utara untuk menggelar kegiatan serupa di masjid-masjid yang menggelar salat Jumat," jelas dia.

Pantauan Telisik.id, di Masjid Al-Ikhlas, Kecamatan Lasusua, salat gaib dan tahlil di gelar usai salat Jumat.

Ratusan jemaah ikut menggelar salat ghaib dan tahlil yang imam staf Kemenag Kolaka Utara, Ust Sabrianto.

Baca Juga: Sawah di Kolaka Utara Tak Lagi Produksi, Tertutup Lumpur Tambang

Sementara itu, pegawai Kemenag Kolaka Kolaka Utara yang juga pengurus Masjid Al-Ikhlas, Annas menuturkan, pihak kemenag telah menyurati kepala KUA untuk disampaikan ke masjid-masjid di setiap desa.

"Suratnya sudah diantarkan tadi pagi," kata Annas.

Informasi yang dihimpun Telisik.id, hampir semua masjid di Kota Lasusua, Kolaka Utara menggelar salat ghaib dan tahlil usai salat Jumat. (B)

Penulis: Muh Risal H

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga