Warga Kota Baubau Keluhkan Jalan Rusak di Areal Pantai Kamali

Iradat Kurniawan, telisik indonesia
Rabu, 29 Juni 2022
0 dilihat
Warga Kota Baubau Keluhkan Jalan Rusak di Areal Pantai Kamali
Nampak di salah satu areal Pantai Kamali yang rusak dan tergenang air hujan. Foto: Iradat Kurniawan/Telisik

" Kondisi areal yang berlubang dan terlihat rusak parah diperparah lagi oleh air yang menggenangi akibat hujan deras yang mengguyur Kota Baubau di beberapa hari terakhir "

BAUBAU, TELISIK.ID - Sejumlah titik di ruas jalan areal kawasan Pantai Kamali Kelurahan Wale, Kota Baubau, yang rusak parah banyak dikeluhkan oleh masyarakat setempat.

Kondisi areal yang berlubang dan terlihat rusak parah tersebut diperparah lagi oleh air yang menggenangi akibat hujan deras yang mengguyur Kota Baubau di beberapa hari terakhir.

Pantauan Telisik.id di tempat kejadian, nampak banyak titik di areal Pantai Kamali terlihat rusak parah dan hampir semua titik terendam oleh air hujan.

Menurut Yarfi seorang warga Baubau yang selalu melewati wilayah tersebut mengatakan bahwa areal tersebut sudah lama mengalami kerusakan parah.

"Jalan itu sudah sekitar dua tahunan mengalami kerusakan seperti itu apalagi ditambah dengan genangan air hujan, dan kawasan yang rusak parah itu adalah tempat pedagang yang biasanya adalah kawasan ramai berjualan pada waktu malam, juga adalah tempat orang berlalu lalang," tutur Yarfi, Rabu (29/6/2022).

Senada dengan hal itu, Mustafa seorang pegawai Dinas Perhubungan Kota Baubau yang bertugas sebagai petugas penarik retribusi di areal jalan masuk menuju pantai kamali juga mengatakan bahwa areal tersebut telah lama dengan kondisi yang rusak parah.

Baca Juga: Dewan Pembina HIPTI Sulawesi Tenggara Imbau DPD LAT Bersinergi Paguyuban Lain

"Banyak masyarakat yang mengeluh tentang kondisi areal yang rusak tersebut malahan hampir setiap hari kami ditegur oleh masyarakat tentang hal itu dan saya hanya mendengar saja karena itu bukan wewenang kami untuk memperbaikinya walaupun kami juga sudah melaporkannya ke dinas terkait," jelasnya.

Mustafa berharap khususnya kepada Wali Kota Baubau Laode Ahmad Monianse agar areal tersebut segera diperbaiki karena kondisinya yang sudah lama rusak dan banyak masyarakat yang mengeluh tentang hal tersebut.

Dan dari sebuah postingan warga net di media sosial Facebook, Arif Setiawan memperlihatkan sejumlah visual di mana memperlihatkan kondisi areal jalan tersebut di waktu malam.

Nampak sejumlah warga yang melintas di areal tersebut mengalami kesulitan untuk melewatinya disebabkan oleh jalan yang berlubang dan tergenang air.

"Mohon izin Wali Kota Baubau, siap salah. Apakah Ada solusi untuk jalan yang ada di areal Pantai Kamali," tulis postingan Arif Setiawan di medsos, Selasa (28/6/2022).

Baca Juga: Pemda Buton Tengah Gandeng HIPMI Bangkitkan UMKM Ekonomi Kreatif

Alhasil, postingan tersebut banyak mendapat komentar dari warganet dan mengatakan serta mempertanyakan kondisi areal tersebut yang memang sudah lama mengalami kerusakan.

"Jalannya masih seperti itu itu saja kah," koment Putut Rahayu di FB.

Untuk diketahui, areal Pantai Kamali adalah ruang publik hasil karya dari mantan Wali Kota Baubau Drs. MZ Amirul Tamim yang diperuntukkan bagi masyarakat Kota Baubau dan sekitarnya yang ingin sekedar rekreasi dan biasanya pada waktu malam akan menjadi tempat ramai pedagang kaki lima untuk berjualan. (A)

Penulis: Iradat Kurniawan

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga