Warga Kota Kendari Serbu Pasar Murah di Dua Titik Ini

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Jumat, 17 Maret 2023
0 dilihat
Warga Kota Kendari Serbu Pasar Murah di Dua Titik Ini
Warga Kota Kendari memadati pasar murah di halaman Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sulawesi Tenggara. Foto: Adinda Septia Putri/Telisik

" Masyarakat Kendari yang ingin membeli kebutuhan pokok dengan harga murah, bisa mengunjungi lokasi pasar murah untuk menghemat pengeluaran di bulan Ramadan "

KENDARI, TELISIK.ID - Harga bahan pokok di Kota Kendari melonjak drastis jelang Ramadan. Pemerintah pun turun tangan mengintervensi dengan menggelar operasi pasar murah di beberapa titik.

Masyarakat Kendari yang ingin membeli kebutuhan pokok dengan harga murah, bisa mengunjungi lokasi pasar murah untuk menghemat pengeluaran di bulan Ramadan.

1. Pasar Murah Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sulawesi Tenggara

Sub Koordinator Bahan Pokok Disperindag Sulawesi Tenggara, Windy Dian Novita mengatakan, pasar murah Disperindag telah dilaksanakan sejak Senin 12-17 Maret dan masih akan berlangsung di 20-21 Maret 2023 di halaman Disperindag, di Jalan H. Abdul Silondae.

Beberapa bahan pokok yang dijual di pasar murah tersebut yaitu beras yang hanya Rp 45.000 per 5 kilogram, minyak seharga Rp 14.000 per liter, bawang putih Rp 30.000 per kilogram, dan lain sebagainya seperti telur, gula dan tepung terigu.

Windy mengatakan, pihaknya membatasi per konsumen hanya dapat membeli 5 kilogram beras, 2 liter minyak goreng, dan dua kilogram gula dan tepung terigu. Dalam pasar murah tersebut, Disperindag memasok 150 karung beras per hari namun tidak terbatas untuk komoditas lainnya.

Baca Juga: Ini Jadwal Pasar Pangan Murah Jelang Ramadan di Kendari

Warga pun ramai memadati pasar murah. Salah satu warga Kelurahan Kemaraya, Suharti mengatakan, sangat terbantu dengan adanya pasar murah. Sebagai ibu rumah tangga, ia harus putar otak di tengah kenaikan harga.

Disperindag akan kembali melakukan pasar murah, bahkan lebih meriah dengan berbagai pameran produk UMKM pada 27-31 Maret mendatang.

2. Dinas Ketahanan Pangan (Disketapang) Kota Kendari

Selain Disperindag Sulawesi Tenggara, Disketapang Kota Kendari juga turut mengitari kelurahan-kelurahan di Kota Kendari untuk menggelar pasar murah.

Kepala Bidang Kerawanan dan Ketersediaan Pangan Disketapang Kota Kendari, Sulastri mengatakan, pihaknya telah melakukan pasar murah di lima titik kelurahan. Dan masih berlangsung saat ini, Jumat (17/3/2023) di Kelurahan Kemaraya, dan Senin (20/3/2023) di Kelurahan Lahundape.

Baca Juga: Warga Serbu Pasar Murah di Hari Terakhir

Sulastri mengatakan, pemerintah memberi subsidi untuk delapan komoditas yang dijual di pasar murah yaitu beras disubsidi Rp 1.000 per kilogram, bawang merah, bawang putih, cabai besar, dan cabai rawit disubsidi Rp 5.000 per kilogram, telur ayam ras dan gula pasir disubsidi Rp 2.000 per kilogram, dan minyak goreng disubsidi Rp 3.000 per kilogram.

Ketersediaan pasokan yang disiapkan Disketapang mengikuti jumlah kepala keluarga pada setiap kelurahan. Oleh karena itu, produk yang dijual diprioritaskan pada masyarakat setempat dengan menunjukkan KTP atau KK.

Pasar murah akan dilaksanakan kembali di Bulan April, dengan waktu dan tempat yang menyesuaikan. (A)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga