Warga Perumahan Afika Residence Kendari Keluhkan Jalan Rusak Tak Kunjung Diperbaiki

Erni Yanti, telisik indonesia
Jumat, 02 Agustus 2024
0 dilihat
Warga Perumahan Afika Residence Kendari Keluhkan Jalan Rusak Tak Kunjung Diperbaiki
Kondisi jalan di perumahan Afika Residence yang berlumpur. Foto: Erni Yanti/Telisik

" Warga Perumahan Afika Residence mengeluhkan jalan yang rusak parah. Kondisi jalan di perumahan Afika Residence ini berlumpur di saat musim hujan "

KENDARI, TELISIK.ID - Warga Perumahan Afika Residence mengeluhkan jalan yang rusak parah. Kondisi jalan di perumahan Afika Residence ini berlumpur di saat musim hujan, hingga membahayakan warga yang melintas.

Owner Afika Residence, Sahir mengatakan, fasilitas jalan dan lainnya sudah diserahkan ke Pemerintah Kota Kendari, namun sudah bertahun-tahun, jalan tidak kunjung diperbaiki.

“Fasilitas sudah diserahkan ke pemerintah dan sudah jadi aset pemerintah sehingga pemeliharaan menjadi tanggung jawab bersama para warga baik melalui iuran atau gotong royong untuk kenyamanan lingkungan bersama. Selain itu, karena sudah jadi aset daerah, sehingga juga jadi kewajiban pemerintah kota untuk memperbaiki fasilitas jalan di sini,” kata Sahir, Kamis (1/8/2024).

Sahir menerangkan bahwa jalan tersebut akan segera dikerjakan dalam dua pekan ke depan.

“Dan kabar baiknya sudah ada yang keluar kontrak pengerjaan paving untuk Afika Land yang belum terpaving dan sebagian jalan di Afika Residence dari pekerjaan PSU PUPR untuk pengerjaan 2 minggu ke depan,” tambahnya.

Baca Juga: Warga Wawonii Keluhkan Jalan Poros Rusak Parah

Sementara Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan Kota Kendari, Agus Salim, membenarkan bahwa jalan tersebut dalam waktu dekat akan dikerjakan.

“Iya betul dalam waktu dekat ini akan ada pengerjaan jalan di Perumahan Afika Residence, atas usulan dari Dinas Perumahan Kota Kendari ke pusat melalui Satker Penyediaan Perumahan Sultra mengingat  keterbatasan dana APBD kota,” kata Agus Salim.

Agus Salim menjelaskan bahwa anggaran yang akan digunakan untuk pengerjaan jalan tersebut bersumber dari dana APBN tahun anggaran 2024.

Baca Juga: Jalan Licin, Mobil Pick Up di Konawe Tergelincir Masuk Got

“Bantuan PSU ini adalah bersumber dari dana APBN tahun 2024 melalui Satker Penyediaan Perumahan Sultra, Balai Penyediaan Perumahan Sulawesi III, Direktorat Rumah Umum dan Komersial (RUK) Ditjen Perumahan Kementerian PUPR. Terkait dengan Fasum dan Fasos, Perumahan Afika Residence sudah menyerahkan PSU-nya secara administrasi ke Pemkot Kendari,” ujarnya.

Saat ditanya proses serah terima PSU Afika Residence ke Pemerintah Kota Kendari, Agus Salim menjawab bahwa dibagian belakang Afika Residence belum di-BAST.

“Proses penyerahan PSU Afika Residence bagian belakang belum di-BAST ke Pemkot Kendari sehingga masih tanggung jawab pihak developer, yang bangunan depan sudah diserahkan ke Pemkot,” jelas Agus Salim. (B)

Penulis: Erni Yanti

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga