Warga Temukan Bom Jenis Mortir, Diduga Sisa Perang Dunia Kedua

Ones Lawolo, telisik indonesia
Minggu, 23 Agustus 2020
0 dilihat
Warga Temukan Bom Jenis Mortir, Diduga Sisa Perang Dunia Kedua
Saat turun Kasubden Jibom Detasemen Gegana Satuan Brimob Polda Sumut di lokasi penemuan Bom jenis Mortir. Foto: Ones Lawolo/Telisik

" Informasi tersebut langsung kita respon dengan berkoordinasi kepada Kasubden Jibom Detasemen Gegana Satuan Brimob Polda Sumut. Saat itu, mereka menerjunkan satu unit mobil Jibom untuk melakukan sterilisasi. "

MEDAN, TELISIK.ID - Warga Jalan Medan Batang Kuis, Desa Bandar Kalippa, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara (Sumut), menemukan bom jenis mortir yang sudah berlumut di Sungai Sei Rotan, Sabtu (22/8/2020).

Bom jenis mortir itu yang diduga peninggalan perang dunia kedua, telah diamankan di markas Brimob Polda Sumut oleh Personil Subden Jibom Brimobda Polda Sumut.

Kapolsek Percut Sei Tuan, AKP Ricky Pripurna Atmaja mengatakan, penemuan sebuah bom jenis mortir tersebut berdasarkan temuan seorang warga bernama Muliono. Warga tersebut menemukan di Sungai Sei Rotan dengan kondisi berlumut.

Kemudian, adanya informasi temuan bom jenis mortir tersebut, lanjut AKP Ricky Pripurna Atmaja, pihaknya langsung berkoordinasi dengan Satuan Brimob Polda Sumut.

"Informasi tersebut langsung kita respon dengan berkoordinasi kepada Kasubden Jibom Detasemen Gegana Satuan Brimob Polda Sumut. Saat itu, mereka menerjunkan satu unit mobil Jibom untuk melakukan sterilisasi," kata AKP Ricky Pripurna Atmaja kepada Telisik.id, Minggu (23/8/2020).

Baca juga: Mobil Hancur Tabrak Pohon, Dua Korban Masuk Rumah Sakit

Dia menuturkan, kronologi penemuan bom jenis mortir tersebut, berawal penemuan warga bernama Muliono. Warga tersebut membawa temuan dia itu ke pada uwaknya bernama Atok.

Atok yang merupakan warga Medan Batang Kuis, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, pihaknya memberitahukan kepada Babinsa setempat bernama Aiptu Affan yang bertugas di Polsek Percut Sei Tuan.

Karena melihat temuan warga itu membahayakan, Aiptu Affan memberitahu di Markas Polsek Percut Sei Tuan. Hingga respon Kapolsek Percut Sei Tuan, AKP Ricky Pripurna Atmaja, langsung turun bersama Kasubden Jibom Detasemen Gegana Satuan Brimob Polda Sumut.

"Berhasil kita amankan bersama tim dari Polda Sumatera Utara. Bom jenis Mortir itu sudah di titip di Markas Brimob Polda Sumatera Utara dengan rencana hari ini dilakukan pendisposalan," pungkasnya.

Reporter: Ones Lawolo

Editor: Kardin

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga