Warga Tuntut Perbaikan Jalan yang Rusak Parah

Ones Lawolo, telisik indonesia
Senin, 21 September 2020
0 dilihat
Warga Tuntut Perbaikan Jalan yang Rusak Parah
Aksi warga Kecamatan Dolok di DPRD Sumatera Utara. Foto: Ones Lawolo/Telisik

" Kami masyarakat meminta kepada anggota DPRD untuk mengalokasikan dana di tahun 2021 melalui APBD Sumut untuk perbaikan jalan lintas provinsi yang ada di Kecamatan Dolok. "

MEDAN, TELISIK.ID - Puluhan warga Kecamatan Dolok, Kabupaten Padang Lawas Utara, Sumatera Utara (Sumut) melakukan aksi damai dengan membawa spanduk bertuliskan Gerakan Aksi Damai Masyarakat Kecamatan Dolok Selamatkan Jalan Provinsi Sumatera Utara.

Aksi damai yang digelar di DPRD Provinsi Sumatera Utara itu merupakan upaya protes terhadap kondisi jalan di Kabupaten Padang Lawas Utara yang saat ini rusak parah. Kondisi itu berdampak pada perekonomian, pendidikan dan kesehatan masyarakat Kecamatan Dolok.

Pasalnya, tujuh puluh lima tahun (75) Indonesia telah merdeka namun esensi dari kemerdekaan itu belum dirasakan oleh masyarakat di Kecamatan Dolok.

"Kami masyarakat Kecamatan Dolok, Kabupaten Padang Lawas Utara, meminta Anggota DPRD Sumatera Utara untuk membantu kami, agar jalan provinsi yang sangat buruk dan tidak layak dilalui masyarakat, sehingga berdampak pada sektor kesehatan, pendidikan dan perekonomian masyarakat, bisa diperbaiki" kata koordinator lapangan, Rahmat Saleh Rambe dalam orasinya.

Jalan yang merupakan akses aktivitas masyarakat dari Desa Dalihan Natolu menuju Desa Pasar Sipiongot sepanjang 5 km, kata Rahmat Saleh Rambe, kondisinya hancur dan rusak parah, berlobang, hingga kerap menyebabkan kecelakaan lalu lintas.

Dia menilai Anggota DPRD Sumatera Utara dari daerah pemilihan Kabupaten Padang Lawas Utara tidak perduli pada masalah tersebut. Meskipun sering melakukan reses, namun dinilai tidak memberikan manfaat bagi masyarakat di daerah pemilihannya.

Baca juga: Suku Bajo di Buton Dapat Bantuan Jaminan Hidup

"Kami masyarakat meminta kepada anggota DPRD untuk mengalokasikan dana di tahun 2021 melalui APBD Sumut untuk perbaikan jalan lintas provinsi yang ada di Kecamatan Dolok," ujarnya.

Dia juga berharap agar jalan nasional di Kabupaten Padang Lawas Utara segera diperbaiki, karena saat ini tidak bisa dilewati kendaraan roda dua dan roda empat akibat rusak parah.

"Mengingat jalan ini merupakan jalan nasional, maka kami berharap apa yang kita lakukan hari ini bisa langsung didengar oleh Anggota DPRD Sumut dan pemerintah pusat. Karena perbaikan jalan ini harus mengunakan dana ABPN, kalau perlu langsung didengar oleh Presiden kita yang terhormat Pak Jokowi," pungkasnya.

Aksi yang berlangsung dari pukul 09.00 WIB pagi ini, diterima oleh anggota DPRD Sumatera Utara, Abdul Rahim dari Fraksi PKS dan Syahrul Siregar dari Fraksi PDI Perjuangan. Kedua anggota dewan ini menerima aspirasi massa aksi dan berjanji akan ditindaklanjuti ke pusat.

"Kami segera tindaklanjuti keluhan-keluhan masyarakat kami. Kami sangat mendukung jalan nasional yang rusak di Kabupaten Padang Lawas Utara segera diperbaiki," ungkapnya di depan warga.

Reporter: Ones Lawolo

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga