Warga Tuntut Perbaikan Pelayanan Puskesmas Kolono Timur Konawe Selatan

Bambang Sutrisno, telisik indonesia
Selasa, 16 Juli 2024
0 dilihat
Warga Tuntut Perbaikan Pelayanan Puskesmas Kolono Timur Konawe Selatan
Tampak Kepala Puskesmas Kolono Timur dan masyarakat setempat. Foto: Bambang Sutrisno/Telisik

" Himpunan Mahasiswa Kolono Timur (HIPMAKOT) di Kecamatan Kolono Timur, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) menduga pelayanan kesehatan Puskesmas tidak sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) "

KONAWE SELATAN, TELISIK.ID - Himpunan Mahasiswa Kolono Timur  (HIPMAKOT) di Kecamatan Kolono Timur, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) menduga pelayanan kesehatan Puskesmas tidak sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP), Selasa (16/7/2024) siang.

Puskesmas yang seharusnya memberikan pelayanan selama 24 jam, sering kali ditemukan tertutup oleh masyarakat yang hendak berobat, terutama di malam hari.

Padahal di Puskesmas Kolono Timur, kata ketua HIPMAKOT Denil Amolengu, terdapat pelayanan Unit Gawat Darurat (UGD) yang seharusnya buka satu kali 24 jam.

Baca Juga: Pemda Muna Barat Keluarkan Surat Edaran Berantas Judi Online

Tidak hanya itu, masyarakat Kolono Timur juga mengeluhkan dokter dan kepala Puskesmas jarang berada di tempat ketika hendak ditemui oleh masyarakat.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Kolono Timur, Hamsinar Liambo mengaku sibuk dengan urusan dinas, sehingga jarang berada di tempat.

Sementara itu, ia tidak memberikan jawaban mengenai alasan mengapa Puskesmas Kolono Timur tutup pada malam hari, kadang masyarakat harus dialihkan Puskesmas lain.

Baca Juga: Orang Tua Belum Diketahui, Dinsos Muna Perpanjang Penitipan Bayi yang Ditemukan Dekat Kantor DPRD

Salah satu warga Kolono Timur, Aceng mengaku pernah antar keluarga saat malam hari, namun Puskesmas dalam kondisi tutup."Jadi terpaksa langsung menuju rumah sakit kota," bebernya.

Warga lainnya, Renggo juga mengaku pernah antar orang kecelakaan, ketika tiba di Puskesmas tidak mendapati orang satu pun. "Kondisi itu memang kelihatan tutup ya," ujarnya. (A)

Penulis: Bambang Sutrisno

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga