Warga Uepai Konawe Adu Jodos Buntut Sengketa Lahan

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Minggu, 19 November 2023
0 dilihat
Warga Uepai Konawe Adu Jodos Buntut Sengketa Lahan
Warga Uepai, Kabupaten Konawe terlibat adu jotos buntut sengketa lahan yang tak kunjung selesai foto: Kolase

" Beredar video masyarakat di Desa Tawamelewe, Kecamatan Uepai, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara terlibat adu jotos di area persawahan "

KONAWE, TELISIK.ID - Beredar video masyarakat di Desa Tawamelewe, Kecamatan Uepai, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara terlibat adu jotos di area persawahan.

Dalam video berdurasi 56 detik yang diterima Telisik.id, memperlihatkan masyarakat yang sudah berkumpul lengkap dengan membawa parang di area persawahan.

Dalam video juga tampak pihak kepolisian yang sudah berada di lokasi untuk melerai masyarakat yang hendak bentrok tersebut.

Diketahui, pertengkaran tersebut dipicu persoalan sengketa lahan yang sampai hari ini belum menemui penyelesaian.

Baca Juga: Ingin Akhiri Hidup, Siswa SMA di Kendari Panjat Tower Telkomsel Depresi Dilarang Keluar Rumah

Kapolsek Lambuya, Ipda Fahri saat dihubungi via telepon, membenarkan perihal peristiwa tersebut dan sudah dilakukan mediasi oleh Polres Konawe yang dipimpin langsung oleh Kapolres pada Kamis (16/11/2023) malam lalu.  

"Pertengkaran dipicu sengketa lahan yang saat ini masih berproses, terkait kondisi saat ini sudah kondusif," jelas Fahri.

Untuk diketahui sengketa lahan yang berada di Kecamatan Uepai tersebut sudah dilakukan hearing beberapa kali di DPRD dan mediasi oleh Pemda Konawe, namun hingga saat ini belum ada kesimpulan dari pihak pemerintah maupun DPRD.

Terpisah, Camat Uepai Masrul, saat dikonfirmasi melalui telepon seluler menjelaskan, kronologi awal kejadian tersebut dipicu saat salah satu warga Tawamelewe pulang seusai menjonder di area persawahan yang dalam status sengketa.

Lanjut Masrul, setelah terjadi cekcok mulut salah satu penggugat langsung memukul warga Tawamelewe itu dan terjadilah saling balas memukul antar kedua belah pihak.

"Karena banyak masyarakat di area sawah yang sementara mengolah, akhirnya masyarakat Tawamelewe berkumpul dan orang-orang dari penggugat secara spontanitas juga ikut berkumpul," jelasnya.

Baca Juga: Seorang Pelajar di Kota Kendari Tewas Usai Minum Racun Serangga

Lanjut camat, setelah terjadi cekcok di area persawahan kedua belah pihak akhirnya sepakat untuk dilakukan mediasi di Polres Konawe yang dipimpin langsung oleh Kapolres, serta sepakat untuk berdamai dan tidak melanjutkan di jalur hukum.

Masrul membeberkan, terkait lahan yang sengketa atau dalam status quo kedua belah pihak dilarang melakukan aktivitas apapun,  baik mengolah sawah serta membangun pondok-pondok karena sudah ada edaran surat Bupati Konawe hingga proses selesai.

Namun ungkap Masrul, pihak penggugat terlebih dahulu melakukan aktivitas mengolah sawah dan padi sudah menghijau, sehingga pihak tergugat juga turut mulai mengolah sawah.

Masrul menghimbau terkait lahan sengketa, itu sedang dalam proses penyelesaian dari Pemda Konawe, mestinya semua pihak harus menahan diri agar tidak terpancing akan hal-hal yang dapat merugikan. (B)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga