Wartawan Kriminal Ditembak Mati Usai Hadiri Acara Televisi

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Rabu, 07 Juli 2021
0 dilihat
Wartawan Kriminal Ditembak Mati Usai Hadiri Acara Televisi
Ilustrasi penembakan. Foto: Repro Cnnindonesia

" Jurnalis investigasi kriminal yang terkemuka di Belanda, Peter R de Vries, ditembak orang tak dikenal di Amsterdam. Dia ditembak usai hadir di siaran televisi. "

AMSTERDAM, TELISIK.ID - Jurnalis investigasi kriminal yang terkemuka di Belanda, Peter R de Vries, ditembak orang tak dikenal di Amsterdam. Dia ditembak usai hadir di siaran televisi.

Dilansir dari BBC, Rabu (7/7/2021), Peter R de Vries dilarikan ke rumah sakit lantaran berada dalam kondisi kritis setelah menerima tembakan di pusat kota, Selasa (6/7/2021) pukul 19.30 petang waktu setempat.

Saksi melihat lima tembakan dilepaskan dari jarak dekat ke arah de Vries.

Video menampakkan Peter R de Vries tergolek di tanah dengan luka di kepala. Padahal beberapa menit sebelumnya, dia siaran di acara televisi NOS.

Polisi menangkap tiga orang terkait serangan itu. Dua tersangka ditangkap di dalam mobil di jalan tol Leidshendam, satu lagi ditangkap di Amsterdam.

 

Baca juga: Gara-Gara Suka Utang, 5 Negara Ini Bangkrut

"Pikiran kami bersama orang-orang terkasih Peter R de Vries. Yang terpenting, kami berharap dan berdoa dia selamat," kata Perdana Menteri Belanda Mark Rutte dalam jumpa pers di Den Haag.

Dilansir dari detik.com, Peter R de Vries adalah jurnalis terkemuka di negaranya yang sering mengungkap kasus-kasus kriminal. Dia sering terlibat dalam investigasi jurnalistik kasus-kasus besar. Pria 64 tahun ini sering tampil di acara televisi setempat.

Dia pernah meliput penculikan Freddy Heineken tahun 1983. Belakangan, tahun 2013, penculik Heineken terbukti mengancam de Vries. Dia juga pernah meliput geng motor Holleeder yang melakukan lima peristiwa pembunuhan.

Dia juga memenangkan Emmy atas karya soal pembunuhan Natalee Holloway, remaja AS yang hilang di Pulau Karibia, Aruba, pada 2005.

Peter R de Vries juga menjadi penasihat untuk Nabil B, saksi kasus pembunuhan dan perdagangan narkoba bernama Ridouan Taghi. Kasus ini mengerikan lantaran mantan pengacara Nabil B bernama Derk Wiersum dibunuh di depan rumahnya pada 2019. (C)

Reporter: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga