Waspada, 6 Tanda Tubuh Kekurangan Vitamin D

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Kamis, 03 November 2022
0 dilihat
Waspada, 6 Tanda Tubuh Kekurangan Vitamin D
Ketika seseorang kekurangan vitamin D, maka tubuhnya akan menunjukkan tanda-tanda tertentu. Foto: Repro google.com

" Vitamin D menjadi salah satu vitamin yang sangat dibutuhkan tubuh. Ketika tubuh kekurangan vitamin ini, berbagai dampak kesehatan bakal muncul "

KENDARI, TELISIK.ID - Vitamin D menjadi salah satu vitamin yang sangat dibutuhkan tubuh. Ketika tubuh kekurangan vitamin ini, berbagai dampak kesehatan bakal muncul.

Dikutip dari siloamhospitals.com, vitamin D merupakan vitamin yang dapat larut dalam lemak. Artinya, vitamin D bisa disimpan dalam tubuh untuk waktu yang lama.

Ada dua jenis utama vitamin D, yaitu vitamin D2 dan vitamin D3. Vitamin D2 (ergocalciferol) berasal dari tumbuhan, bisa ditemukan pada beberapa jenis jamur.

Karena perannya yang sangat penting, maka ketika tubuh kekurangan vitamin D, berbagai dampak kesehatan bakal muncul.

Baca Juga: 7 Minuman Ini Bisa Bantu Turunkan Kadar Gula Darah

Melansir merdeka.com dari The Health Site, berikut sejumlah hal yang bakal ditunjukkan oleh tubuh ketika kekurangan vitamin D:

1. Melemahnya Kesehatan Tulang

Melemahnya kekuatan tulang merupakan gejala yang tampak ketika tubuh kekurangan vitamin D. Kurangnya vitamin D bisa meningkatkan risiko masalah tulang serta memunculkan rasa nyeri di tubuh.

2. Nyeri Otot Kronis

Munculnya nyeri otot secara tiba-tiba pada tubuh bisa jadi tanda kurangnya vitamin D. Kurangnya nutrisi ini bisa menyebabkan rasa lemas dan sakit pada otot baik pada anak-anak maupun orang dewasa.

3. Sering Sakit

Vitamin D bermanfaat untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Kurang vitamin ini bisa membuat sistem kekebalan tubuh jadi menurun sehingga kamu lebih rentan sakit.

4. Rasa Lelah yang Tak Wajar

Banyak penelitian mengungkap hubungan antara kekurangan vitamin D serta munculnya rasa lelah pada wanita. Vitamin D bermanfaat dalam meningkatkan energi dan membuatmu tetap aktif. Kondisi kelelahan yang tiba-tiba muncul menandakan rendahnya vitamin D dalam tubuh.

5. Lamanya Luka Sembuh

Ketika mekanisme menyembuhkan diri tidak bekerja dengan benar, luka yang kamu alami bakal membutuhkan waktu lama untuk sembuh. Vitamin D bermanfaat untuk melawan infeksi, mengontrol peradangan, serta memastikan tubuh pulih dengan tepat. Kekurangan vitamin C bisa menyebabkan tubuh butuh waktu lama untuk memulihkan diri.

Baca Juga: Simak 7 Cara Jitu Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

6. Rambut Rontok

Selain karena stres, kurangnya vitamin D merupakan salah satu penyebab rambut patah atau rontok. Hal ini juga berhubungan dengan alopecia, penyakit autoimun yang disebabkan kekurangan vitamin d dalam tubuh dan ditandai dengan rambut rontok.

Nah, itulah beberapa masalah yang bakal muncul pada tubuh ketika kekurangan vitamin D. Semoga dengan mengetahui ciri-ciri ini kita bisa lebih rutin berjemur untuk memperoleh viamin D secara alami. 

Sekian itu, pastikan juga konsumsi makanan kaya vitamin D seperti telur, susu kedela, keju, yogurt, serta bayam. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga