adplus-dvertising

Waspada Dini Terhadap Kebakaran, Damkar Bombana Ajari Pelajar Jinakkan Api

Hir Abrianto, telisik indonesia
Rabu, 13 Oktober 2021
284 dilihat
Waspada Dini Terhadap Kebakaran, Damkar Bombana Ajari Pelajar Jinakkan Api
Edukasi penjinakan api. Foto: Damkar Bombana

" Badan Pemadam Kebakaran Bombana berupaya menekan angka bencana kebakaran dini dengan memberikan edukasi kepada pelajar "

BOMBANA, TELISIK.ID - Belum lama ini, insiden kebakaran yang menghanguskan rumah warga terjadi di Bombana yakni di Lameroro dan Pongkalaero, Kabaena Selatan.

Berdasarkan hasil olah TKP yang dilaporkan oleh Humas Polres Bombana, diduga kebakaran bersumber dari kelalaian pemilik rumah.

Seperti diketahui, rumah milik warga, Mansur Lababa di Kelurahan Lameroro, diduga terbakar yang bersumber dari obat nyamuk bakar. Sementara kebakaran rumah warga di Pongkalaero diduga bersumber dari dapur.


Dengan insiden itu, Badan Pemadam Kebakaran Bombana berupaya menekan angka bencana kebakaran dini dengan memberikan edukasi kepada pelajar. Hal itu dilakukan karena keterbatasan armada pemadam kebakaran.

"Armada kita terbatas, tidak bisa dengan cepat menjangkau TKP jika ada insiden kebakaran. Jadi  kami lakukan pencegahan dini dengan mengedukasi masyarakat menjinakkan api," ungkap Waridin, Kabid Damkar Bombana kepada Telisik.id, Rabu (13/10/2021).

Baca Juga: Susun Dokumen Pemajuan Kebudayaan, Pemkab Butur Jalin Kerjasama dengan Unhas

Baca Juga: Muktamar NU ke-34, PW NU Jatim Dukung Yahya Cholil Tsaquf Calin Ketum PB NU

Edukasi penjinakan api bagi pelajar sudah dilakukan di beberapa sekolah seperti SMA Negeri 1 Bombana, SMPN 1 Bombana dan SMK, dilakukan dengan cara simulasi memadamkan api dengan tidak tergesa-gesa atau panik.

"Kami simulasi memadamkan api dengan cara yang tenang bersama para pelajar. Ini tujuannya agar semua orang terlibat dalam pencegahan kebakaran yang dapat menyebabkan kerugian," jelasnya.

Guna mencegah kebakaran besar, Waridin berharap masyarakat menyediakan APAR (Alat Pemadam Api Ringan) meski berukuran kecil. (C)

Reporter: Hir Abrianto

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga