adplus-dvertising

Waspada, Hindari Minum Air Putih di 5 Waktu Ini

Haidir Muhari, telisik indonesia
Rabu, 08 September 2021
937 dilihat
Waspada, Hindari Minum Air Putih di 5 Waktu Ini
Minum air putih disarankan tidak di lima waktu, salah satunya saat hendak tidur. Foto: Repro Klikdokter.com

" Manfaat lain dari meminum air adalah membantu tubuh dalam pembakaran kalori. "

KENDARI, TELISIK.ID - Tubuh manusia terdiri dari 70 persen dari cairan.

Mengonsumsi air putih menjadi penting bagi manusia, laki-laki ataupun perempuan. Perempuan membutuhkan 2,7 liter dan pria membutuhkan air putih 3,7 liter per hari.

Jika konsumsi air kurang, akan mengakibatkan dehidrasi. Manfaat lain dari meminum air adalah membantu tubuh dalam pembakaran kalori.


Namun dalam tinjauan kesehatan, Anda disarankan pada 5 waktu ini untuk tidak tepat untuk minum air. Simak ulasannya berikut ini:

1. Sebelum Tidur

Sangat dianjurkan minum air setelah bangun tidur. Namun tidak untuk sebelum tidur. Minum air sebelum tidur kemungkinan dapat mengakibatkan gangguan tidur.

Minum air sebelum tidur dapat menyebabkan pembengkakan pada wajah dan tubuh. Pada malam hari ginjal bekerja lebih lambat dibandingkan dengan siang hari.

Baca juga: 7 Manfaat Berpelukan untuk Kebahagiaan dan Kesehatan

Baca juga: Mengenal Indeks Massa Tubuh, Rumus Berat Badan Ideal

2. Saat Mengonsumsi Makanan Pedas

Minum air putih pada saat mengonsumsi makanan pedas tidak dianjurkan. Perbuatan ini akan mengakibatkan rasa pedasnya menyebar dan menyebabkan sakit.

Orang yang minun air saat pedas biasanya tidak meredakan pedas. Untuk meredakan pedas sebaiknya konsumsi susu.

3. Saat Makan, Sebelum dan Setelah Makan

Minum air pada waktu ini akan menganggu proses pencernaan makanan. Padahal telah ada siklus alami tubuh yang akan meningkatkan produksi air liur dalam mulut.

Air liur bertujuan untuk membantu proses pencernaan makanan. Air liur memiliki zat khusus yang tidak ada pada air. Anda disarankan untuk tidak minum lagi 30 menit sebelum makan dan 10 menit setelah makan.

4. Saat Berolahraga

Aktivitas olahraga dapat meningkatkan suhu tubuh. Minum air saat olahraga dapat mengurangi elektrolit dalam tubuh, sehingga menyebabkan pusing dan mual.

Terlebih bagi penderita jantung. Minum air saat berolahraga bisa menyebabkan penyakit jantung kambuh. Anda disarankan minum air hanya setelah berolahraga.

5. Air Kencing Berwarna Bening

Saat air kencing berwarna bening itu menjadi tanda terlalu banyak minum air. Minum air terlalu banyak bisa menyebabkan pusing, lemas, dan rendahnya sodium, yang bisa berujung pada serangan jantung. (C)

Reporter: Haidir Muhari

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga