Waspada Model Baru Penipuan, Uang Rp 3,4 Miliar Lenyap Usai Angkat Telepon

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Kamis, 02 Maret 2023
0 dilihat
Waspada Model Baru Penipuan, Uang Rp 3,4 Miliar Lenyap Usai Angkat Telepon
Konferensi pers partai politisi DAP Malaysia, Michael Kong, mengenai pengusaha Lee yang merugi Rp 3,4 miliar setelah mengangkat telepon 14 detik dari penipu. Foto: Repro Kompas.com

" Pengusaha asal Kota Kuching, negara bagian Sarawak, Malaysia, kehilangan 1 juta ringgit (Rp 3,4 miliar) setelah mengangkat telepon dari penipu selama 14 detik "

KUCHING, TELISIK.ID - Maraknya perkembangan teknologi membuat aktivitas manusia menjadi lebih praktis dan cepat. Namun, hal ini pula yang dimanfaatkan oleh sebagian orang untuk menipu.

Pelaku penipuan tidak hanya mengincar kalangan masyarakat biasa, tapi juga mengincar para pejabat dan pengusaha seperti yang dialami oleh pengusaha asal Negeri Jiran, Malaysia.

Dikutip dari Msn.com, pengusaha asal Kota Kuching, negara bagian Sarawak, Malaysia, kehilangan 1 juta ringgit (Rp 3,4 miliar) setelah mengangkat telepon dari penipu selama 14 detik. Uang milik pengusaha bernama Lee tersebut raib dari rekening pribadinya.

Politisi Partai DAP (Democratic Action Party) Malaysia Michael Kong pada Senin (27/2/2023) mengatakan, peristiwa itu terjadi pada Minggu (26/2/2023) sekira pukul 15.00 waktu setempat. Lee saat itu mengangkat telepon dari orang tak dikenal yang mengaku kurir pos laju, perusahaan jasa logistik Malaysia.

Kong melanjutkan, setelah telepon ditutup, Lee memeriksa rekeningnya untuk memastikan, dan mendapati 1 juta ringgit telah ditarik tanpa persetujuan atau otorisasinya.

Baca Juga: Mengenal Modus Penipuan Online Berkedok Cinta

“Menurut catatan bank, uangnya ditransfer ke Celcom Sdn Bhd,” imbuh Kong, merujuk pada perusahaan layanan telekomunikasi Malaysia dilansir dari Kompas.com.

Uang itu ditransfer dari rekening bank Lee dalam dua transaksi masing-masing 500.000 ringgit (Rp 1,7 miliar). Adapun Lee mengaku tidak menerima OTP atau notifikasi untuk transaksi tersebut. Sementara itu, istri Lee sangat syok ketika uang sebesar itu bisa lenyap dalam sekejap.

Baca Juga: 5 Tips Hindari Modus Penipuan di Internet

“Terlepas dari kejadian ini, saya mencoba menyikapi masalah ini secara positif, suami saya dan saya secara fisik aman,” katanya.

Ia pun berharap uang Rp 3,4 miliar itu dapat kembali. Kong dan Lee saat ini masih menunggu Menteri Keuangan Malaysia untuk memberi solusi. Ketua DAP Chong Ching Jen pun sudah mengemukakan masalah ini di parlemen. Celcom dilaporkan turut membantu Lee melacak uang tersebut untuk mengembalikan kepadanya.

Michael Kong dan Lee sudah menghubungi bank pemilik rekening pengusaha tersebut, tetapi mereka diminta untuk menunggu 14 hari. Kong lalu menuntut bank harus bertanggung jawab atas kasus ini dan kesalahan bukan pada korban. Lee dikatakan tidak mengunduh perangkat lunak berbahaya dan memberikan informasi rahasia apapun. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga