adplus-dvertising

Waw, Hamparan Keindahan Tebing Membelah Dua Ada di Buton Tengah

Mutarfin, telisik indonesia
Sabtu, 18 September 2021
1620 dilihat
Waw, Hamparan Keindahan Tebing Membelah Dua Ada di Buton Tengah
Gua Kotaeono yang ada di Buton Tengah. Foto: Mutarfin/Telisik

" Keindahan Gua Kotaeono menjadi daya tarik parawista untuk hadir di wilayah Buton Tengah untuk menikmati keindahannya. "

BUTON TENGAH, TELISIK.ID - Keindahan Gua Kotaeono menjadi daya tarik parawista untuk hadir di wilayah Buton Tengah untuk menikmati keindahannya.

Permandian Gua Kotaeono ini terletak di Desa Rahia, Kecamatan Gu, Buteng, dan kini menjadi viral karena keindahannya.

Di objek wisata satu ini, terdapat hamparan air biru, tebing kapur kiri dan kanan, deru angin dan rindangnya pepohonan membuat siapa saja akan merasa damai saat berada di tempat ini.


Salah satu pengunjung, Idam mengakui keindahan destinasi wisata Gua Kotaeono yang sangat memukau lantaran tinggi tebing batuan kapur yang ada di kanan kiri.

Selain itu, kata dia, juga terdapat aliran air yang bak membelah menjadi perantara dua tebing ini.

Baca juga: Selain Wisata, Ini Rekomendasi Kriya Khas Wakatobi

Baca juga: 6 Destinasi Wisata Favorit Kolaka, dari Kampung Cokelat hingga Sungai Terpendek Dunia

"Awalnya hanya dengar cerita keindahan seperti itu, ternyata ada wisata yang seperti ini di daerah Buton Tengah," ungkapnya, Sabtu (18/9/2021).

Keindahan dari Gua Kataeono tak hanya sampai di situ. Keindahan lain juga terdapat di mulut guanya sendiri yang berada di bawah permukaan air.

Lorong gua tersebut diketahui menghubungkan air gua dan air laut, sehingga semakin menambah keindahan wisata alam Buton Tengah ini.

Untuk diKetahui, Gua Kotaeono  memiliki bentuk seperti danau kecil persegi panjang. Di sana para pengunjung bisa menikmati indahnya Kotaeono dengan menumpangi perahu yang telah disediakan oleh pengelola.

Kepala Dinas Pariwisata Buton Tengah, Wujuddin menjelaskan, wisata di Buton Tengah ini dominan akan gua berair, ada juga gua kering serta ditambah dengan wisata pantainya.

"Akan tetapi memang dalam pengelolaannya ada destinasi-destinasi wisata yang dikelola Pemda setempat dan ada juga yang dikelolah desa masing-masing," jelasnya. (B)

Reporter: Mutarfin

Editor: Fitrah Nugraha

Artikel Terkait
Baca Juga