Wawonii Festival Mancing Panggil Para Angler se-Sulawesi

Lukman Nul Hakim, telisik indonesia
Selasa, 07 Maret 2023
0 dilihat
Wawonii Festival Mancing Panggil Para Angler se-Sulawesi
Suasana wisata pantai Kampa saat penutupan Wawonii Festival Mancing 2022 lalu. Dan tahun 2023 ini diadakan lagu festival mancing Foto: Lukman Nul Hakim/Telisik

" Festival mancing tersebut merupakan agenda rutin yang dilaksanakan setiap tahunnya oleh pemkab setempat "

KONAWE KEPULAUAN, TELISIK.ID - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Kepulauan bersama sejumlah komunitas mancing di Pulau Wawonii kembali mengundang para angler se-Sulawesi untuk mengikuti Wawonii Festival Mancing 2023 yang akan digelar selama tiga hari yakni 10-12 Maret mendatang.

Festival mancing tersebut merupakan agenda rutin yang dilaksanakan setiap tahunnya oleh pemkab setempat, di mana kegiatan tersebut merupakan tahun kedua dalam pelaksanaannya.

Ketua panitia kegiatan, Mahmud mengatakan, festival mancing yang kini masuk dalam agenda tahunan Pemkab Konawe Kepulauan tersebut dilaksanakan selain untuk mempromosikan potensi perikanan dan kelautan, juga sebagai salah satu upaya edukasi masyarakat, khususnya para nelayan untuk tetap menjaga kelestarian biota laut dengan menggunakan alat tangkap ramah lingkungan.

"Potensi yang kita miliki di sektor kelautan ini sangat besar dan melimpah, tetapi jika tidak dijaga, maka ekosistem lautan kita akan rusak dan akan berakibat pada hilang dan matinya ikan-ikan, sehingga ini wajib kita jaga, lindungi dan lestarikan,” jelas Mahmud, Selasa (7/3/2023).

Mahmud yang Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) menambahkan, selain memberikan edukasi kepada nelayan terkait pentingnya menjaga ekosistem laut, festival mancing tersebut juga digelar untuk memeriahkan peringatan HUT ke-10 Konawe Kepulauan.

Baca Juga: Festival Tangkeno, Momentum Bangkitnya Industri dan Promosi Wisata Bombana

"Nantinya festival mancing ini akan dilaksanakan di pantai Kampa dimulai," ujar Mahmud.

Lebih lanjut, Mahmud menjelaskan, pendaftaran festival mancing dibuka untuk masyarakat umum. Nantinya para peserta akan memperebutkan hadiah dengan total Rp 100 juta. 

"Tahun lalu peserta mancing modern itu diikuti 229 peserta dan pemancing lokal 184 peserta, di mana dengan total hadiah yang cukup besar ini dan eventnya se-Sulawesi, kita berharap pesertanya akan jauh lebih banyak dan nantinya perlombaan mancing ini akan dibagi dalam dua kategori yakni kategori mancing modern dan mancing tradisional (lokal)," tambahnya.

Pemkab berharap, diadakannya Wawonii Festival Mancing 2023 bisa menjadi daya tarik wisatawan, baik lokal maupun mancanegara yang akan menikmati indahnya laut, pantai, maupun spot-spot wisata lainnya yang ada di Konawe Kepulauan. Sehingga pihaknya mengajak semua elemen untuk ikut menyukseskan kegiatan itu. 

Baca Juga: Jakor Festival Ramaikan Lippo Plaza Kendari 2022

"Melalui kegiatan ini kita bisa mempromosikan daerah kita sebagai daerah yang kaya akan sumber daya kelautan. Karena dengan mengembangkan potensi itu Konawe Kepulauan bisa menjadi daerah yang maju sesuai dengan visi dan misi Wawonii Bangkit," tutupnya.

Sementara Sekertaris Daerah (Sekda) Konawe Kepulauan, Cecep Trisnajayadi mengatakan, edukasi festival mancing tersebut menjadi wadah silaturahmi dan rekreasi bagi masyarakat setempat.

“Silaturahim dan rekreasi tidak perlu dengan kegiatan yang mahal, dan tidak perlu dengan konsep yang rumit, cukup dengan mancing, warga dapat berkumpul bersama, ngobrol sehingga meningkatkan kerukunan dan harmonisasi yang dapat dijadikan modal dasar dalam pembangunan Pariwisata Konawe Kepulauan,” bebernya. (B-Adv)

Penulis: Lukman Nul Hakim

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga