adplus-dvertising

Website Sekretariat Kabinet Diretas, Isinya Mengejutkan

M Risman Amin Boti, telisik indonesia
Sabtu, 31 Juli 2021
2407 dilihat
Website Sekretariat Kabinet Diretas, Isinya Mengejutkan
Ilustrasi peretasan website. Foto: Repro google.com

" Peretasan terhadap website resmi lembaga negara ini terjadi pada Sabtu sekira pukul 09.00 WIB, dan langsung dimitigasi oleh tim dari Setkab. "

JAKARTA,TELISIK.ID - Asisten Deputi Bidang Humas dan Protokol Sekretariat Kabinet (Setkab) RI, Said Muhidin, berencana menempuh jalur hukum terkait peretasan situs resminya setkab.go.id.

“Karena peretasan ini sifatnya tindak kriminal, Setkab mempertimbangkan untuk memproses tindakan ini sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku," kata Said dalam keterangan tertulis kepada awak media, Sabtu (31/7/2021).

Said menuturkan, peretasan terhadap website resmi lembaga negara ini terjadi pada Sabtu sekira pukul 09.00 WIB, dan langsung dimitigasi oleh tim dari Setkab.


"Setelah sempat di-take down untuk pemulihan, per 14.10 WIB website sudah dapat diakses kembali," tutur Said.

Diketahui, diretas ketika dalam tampilan layar laman setkab.go.id pada Sabtu pagi, 31 Juli 2021 terlihat foto yang sempat viral di media sosial pelajar SMA sedang membawa bendera Merah Putih saat unjuk rasa tahun 2019 di Gedung DPR.

Peretas menuliskan narasi bahwa kekacauan tengah terjadi dan Indonesia sedang tidak baik-baik saja.

Baca juga: Harga Laptop Merah Putih Rp 10 Juta per Unit, Benarkah?

Baca juga: Harun Masiku Jadi Buronan Interpol, Jubir KPK: Segera Tangkap

Ia merujuk pada kebijakan pemerintah yang menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), dan mengharuskan warga tinggal di rumah.

Ia menyebut bahwa masyarakat stres dan depresi akibat hal ini.

"Penguasa menikmati dunianya sendiri dengan gaji yang mengalir setiap hari. Di mana keadilan di negara ini?" tulis peretas itu dilansir dari tempo.co.

Peretas juga menyebut Sila Pertama Ketuhanan yang Maha Esa, namun sila 2 hingga 5 tak ada perubahan.

Berikut pernyataan lengkap peretas dalam situs Sekretariat Kabinet di setkab.go.id:

"Kekacauan Dimana-mana, Indonesia Sedang Tidak Baik-Baik Saja. Rakyat Harus Di rumah Tanpa Ada Dispensasi Dan Kompensasi Apapun Yang Membuat Rakyat Indonesia Merasa Stress Dan Depresi. Penguasa menikmati Dunia nya sendiri Dengan Gaji Yang Mengalir Tiap Hari. Dimana Keadilan Di Negara Ini. Pancasila." (C)

Reporter: M. Risman Amin Boti

Editor: Fitrah Nugraha

Baca Juga