WhatsApp Web Tidak Bisa Dibuka? Ini 5 Cara Atasinya

Nurdian Pratiwi, telisik indonesia
Selasa, 24 Mei 2022
0 dilihat
WhatsApp Web Tidak Bisa Dibuka? Ini 5 Cara Atasinya
Cara mudah atasi WhatsApp Web tak bisa dibuka atau sulit terhubung. Foto: Repro Medcom.id

" Para pengguna terkadang selalu mengalami masalah saat menggunakan WhatsApp Web. Baik itu karena error, laman yang lambat terbuka dan berbagai masalah lainnya "

KENDARI, TELISIK.ID - WhatsApp Web merupakan salah satu opsi yang sering digunakan saat seseorang ingin berkirim pesan atau file kerjaan melalui komputer atau laptop.

Selain itu, pengguna juga bisa mendapatkan pengalaman lebih dengan mengetik dan membaca pesan secara langsung melalui laptop tanpa harus membuka smartphone secara terus menerus.

Namun meski begitu, para pengguna terkadang selalu mengalami masalah saat menggunakan WhatsApp Web. Baik itu karena error, laman yang lambat terbuka dan berbagai masalah lainnya.

Mengutip dari detik.com, ada beberapa penyebab yang membuat WhatsApp Web tidak bisa dibuka yakni:

1. Masalah Koneksi

WhatsApp Web versi lama harus terhubung ke ponsel guna mensinkronisasikan pesan yang kamu terima. Sehingga jika ponsel atau smartphone kamu tidak terhubung dengan WhatsApp, secara otomatis WhatsApp Web pun tidak dapat digunakan.

2. Masalah jaringan komputer

Pengguna WhatsApp Web bergantung pada koneksi jaringan internet pada komputer. Karena itu, koneksi internet yang stabil juga diperlukan pada perangkat komputer.

Jika tertulis 'Computer not connected' dan WhatsApp Web tak bisa dibuka, maka komputer kamu mengalami gangguan koneksi.

3. Masalah pada koneksi Wi-Fi

Penyebab WhatsApp Web tak bisa dibuka banyak berhubungan dengan koneksi jaringan internet. Akan tetapi, untuk Wi-Fi tertentu, WhatsApp Web memang diblokir atau dibatasi.

Baca Juga: BKKBN Sultra Gelar Lomba Video Pendek Pencegahan Stunting, Ini Respon Masyarakat

Setelah mengetahui beberapa penyebab yang memungkinkan WhatsApp Web tak bisa dibuka, lantas bagaimana cara mengatasinya?

Berikut beberapa cara mengatasi WhatsApp Web tidak bisa dibuka atau error seperti dilansir dari liputan6.com:

1. Tutup dan Buka Kembali Aplikasi/WhatsApp Web

Salah satu cara mengatasi WhatsApp Web tidak bisa dibuka atau bermasalah, yaitu kamu bisa menutup dan membuka kembali aplikasi atau WhatsApp Web tersebut. Cara ini biasanya dapat mengembalikan fungsi aplikasi ke awal dan menyelesaikan masalah yang muncul.

2. Perbarui Aplikasi

Cara mengatasi WhatsApp Web tidak bisa dibuka berikutnya yang dapat kamu lakukan adalah mengecek apakah ada update yang tersedia untuk aplikasi WhatsApp di HP dan segera melakukan pembaruan. Hal ini karena update biasanya dirilis dengan sejumlah pembaruan untuk mengatasi bug di sebuah aplikasi.

3. Restart Smartphone

Salah satu cara ampuh lain yang dapat kamu manfaatkan sebagai cara mengatasi WhatsApp Web tidak bisa dibuka atau bermasalah adalah melakukan restart smartphone dan juga laptop atau PC. Metode ini menjadi salah satu opsi yang biasanya digunakan untuk mengatasi masalah di smartphone.

Baca Juga: Toyota Avanza Rajai Penjualan Mobil di Bulan April 2022

4. Cek Koneksi Internet

Cara mengatasi WhatsApp Web tidak bisa dibuka berikutnya yaitu dengan mengecek internetmu. Setelah mencoba beberapa cara di atas, ada kemungkinan jaringan internetmu yang bermasalah, sehingga tidak dapat terhubung dengan WhatsApp. Untuk itu, kamu dapat mencoba untuk mengakses layanan lain dan memastikan koneksi internetmu.

5. Hapus Cookie Browser

Cara mengatasi WhatsApp Web tidak bisa dibuka berikutnya yaitu menghapus cookie browser. Cooki browser yang rusak dan terlalu banyak disimpan merupakan salah satu penyebab WA Web tidak bisa dibuka.

Nah, Bagaimana? Apakah cara ini membantu? (C)

Penulis: Nurdian Pratiwi

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga