adplus-dvertising

Wilayah Sultra Bisa Saksikan Gerhana Matahari Cincin Hari Minggu

Musdar, telisik indonesia
Kamis, 18 Juni 2020
4575 dilihat
Wilayah Sultra Bisa Saksikan Gerhana Matahari Cincin Hari Minggu
Gerhana Matahari Cincin. Foto: Hipwee

" Gerhana di Sultra akan dimulai pada pukul 15.38 Wita dan berakhir pada pukul 17.18 Wita. Puncak gerhana akan terjadi pada pukul 16.32 Wita. "

KENDARI, TELISIK.ID - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menginformasikan akan terjadinya fenomena alamĀ Gerhana Matahari Cincin (GMC) Mingggu (21/6/2020).

Stasium Geofisika Kendari menuliskan GMC terjadi ketika matahari, bulan dan bumi tepat segaris namun piringan bulan yang teramati lebih kecil daripada piringan matahari. Akibatnya saat puncak gerhana matahari akan tampak seperti cincin, yaitu gelap di bagian tengah dan terang di bagian piringannya.

Pengamat Meteorologi dan Geofisika, Ernita mengatakan fenomena GMC akan turut terlihat di langit Sulawesi Tenggara (Sultra).


Kata Ernita, Gerhana yang teramati dari Sultra berupa gerhana matahari sebagian dengan magnitudo gerhana terentang 0,197 di Batauga Kota Baubau hingga di Wanggudu Kecamatan Asera, Kabupaten Konawe Utara (Konut).

"Gerhana di Sultra akan dimulai pada pukul 15.38 Wita dan berakhir pada pukul 17.18 Wita. Puncak gerhana akan terjadi pada pukul 16.32 Wita," terang Ernita, Kamis (18/6/2020).

Sedangkan untuk durasi gerhana yang teramati di Sultra rata-rata adalah 1,58 jam.

Baca juga: Soal Kasus MR. Wang, Penyidik Kekurangan Bukti

Sementara itu berdasarakan lansiran Tirto.id, menurut BMKG, wilayah yang nantinya akan terlewati jalur cincin pada gerhana matahari cincin 21 Juni 2020 ini adalah,

  1. Kongo,
  2. Sudan Selatan,
  3. Ethiopia,
  4. Yaman,
  5. Oman,
  6. Pakistan,
  7. India,
  8. China,
  9. Samudera Pasifik
  10. Sedikit Afrika bagian Utara dan Timur,
  11. Sebagian Asia (termasuk Indonesia),
  12. Sebagian Samudra India,
  13. Sebagian negara Eropa,
  14. Sebagian Australia bagian Utara,
  15. Sebagian Samudera Pasifik.

Reporter: Musdar

Editor: Sumarlin

Baca Juga